Untung Rugi Beli Mobil Sepaket dengan Asuransi

Asuransi mobil.
Sumber :
  • Zeinamegot

VIVA – Punya mobil pribadi merupakan kebutuhan banyak orang, barangkali Anda salah satunya. Harga mobil tentu tidak bisa dianggap kecil, apalagi jika Anda menginginkan mobil dalam kondisi masih baru.

Untuk mengatasi hal ini, pembelian dengan cara kredit merupakan langkah tepat yang kerap dilakukan banyak orang. Pembelian kredit memungkinkan Anda mendapatkan sebuah mobil dalam waktu cepat, meski pun belum memiliki dana yang cukup besar untuk kebutuhan yang satu ini.

Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah uang muka saja, selanjutnya hanya perlu membayarkan sejumlah cicilan setiap bulannya hingga akhirnya mobil tersebut lunas. Saat ini, ada banyak bank dan lembaga pembiayaan lainnya yang menyediakan layanan pembelian mobil secara kredit.

Sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan pembelian mobil impian Anda tersebut. Proses ini juga berlangsung dengan cepat dan Anda akan bisa menikmati kenyamanan menggunakan mobil baru dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Namun di dalam pembelian mobil secara kredit, biasanya pihak leasing juga akan mewajibkan penggunaan asuransi kendaraan. Lalu, apakah Anda sudah siap dengan layanan tambahan ini?

Sebagai gamabarannya dan untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap beli mobil secara kredit sekaligus dengan paket asuransinya berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Penggunaan asuransi kendaraan saat pembelian mobil secara kredit

Asuransi kendaraan menjadi paket yang biasanya akan Anda terima dalam pembelian mobil secara kredit. Penggunaan layanan ini tentu penting, terutama untuk pihak leasing yang akan membiayai pembelian mobil Anda tersebut.

Asuransi kendaraan digunakan dengan tujuan untuk mengatasi berbagai risiko yang terjadi pada mobil Anda selama masa kredit tersebut, baik itu risiko kerusakan, kehilangan dan lainnya. Berbagai risiko ini tentu bisa menimbulkan kerugian yang cukup besar, sehingga perlu dikelola dengan cara yang paling tepat, yakni dengan menggunakan layanan asuransi sejak awal.

Di dalam pembelian mobil secara kredit, pada umumnya penggunaan asuransi kendaraan ini sudah diurus oleh pihak diler atau pihak leasing yang Anda gunakan. Secara umum hal ini tentu akan menghemat waktu dan tenaga Anda, sebab Anda tak perlu lagi mengurus sendiri hal tersebut.

Anda hanya perlu menunggu proses pengajuan kredit mobil, dan segala sesuatunya sudah akan diselesaikan oleh pihak leasing yang Anda gunakan. Namun sebagaimana penggunaan layanan asuransi lainnya, asuransi kendaraan ini tentu akan menimbulkan sejumlah biaya bagi Anda.

Hal ini patut menjadi pertimbangan khusus, apalagi jika Anda hanya memiliki bujet pas-pasan saja untuk membayar cicilan mobil tersebut setiap bulannya. Idealnya, Anda sudah memahami dengan baik tambahan biaya tersebut.

Sebab biaya asuransi ini tentu akan secara langsung membuat jumlah cicilan Anda menjadi lebih besar setiap bulannya. Pahami dengan baik untung-rugi yang Anda tanggung ketika membeli paket kredit mobil dan asuransinya. 

2. Keuntungan beli paket kredit mobil dengan asuransinya

Saat membeli mobil secara kredit yang sudah dilengkapi dengan layanan asuransi, maka jelas Anda akan menghemat banyak waktu. Anda hanya perlu menyerahkan semua urusan ini kepada pihak diler tanpa perlu mengurus berbagai hal yang merepotkan.

Hal-hal yang perlu diurus itu adalah terkait pembelian polis asuransi tersebut, seperti: pertimbangan rincian premi, melengkapi berkas pengajuan asuransi, memilih perusahaan asuransi, mengatur waktu dan proses survei, dan lainnya.

Semua proses tersebut akan diurus oleh pihak diler, sehingga Anda tidak lagi perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk kebutuhan tersebut. Dalam pembelian mobil secara kredit itu, Anda akan menerima mobil tersebut lengkap dengan layanan asuransi yang memadai di dalamnya.

Hal ini akan memberi Anda kesempatan untuk lebih fokus pada urusan keuangan dan persiapan uang muka buat pembelian mobil Anda tersebut.

3. Kerugian beli paket kredit mobil dengan asuransinya

Pembelian paket kredit mobil dengan asuransi juga tentu akan memberikan Anda kerugian dalam beberapa hal. Semua ini juga patut menjadi pertimbangan, sebab bisa saja akan membuat jumlah cicilan Anda semakin besar.

Saat beli mobil yang sudah disertai dengan layanan asuransi, maka semua urusan tersebut tentu diselesaikan oleh pihak diler dengan perusahaan asuransi. Anda harus siap-siap untuk mengeluarkan bujet lebih.

Sebab biasanya harga layanan asuransi ini akan lebih mahal jika dibandingkan dengan ketika Anda membeli sendiri produk tersebut ke perusahaan asuransi. Selain itu, Anda juga akan dikenakan sejumlah biaya tambahan dari penggunaan layanan ini.

Biasanya biaya ini merupakan imbalan atas kerja sama yang dilakukan pihak lising dengan perusahaan asuransi yang akan Anda gunakan tersebut. Sebagai pembeli, Andalah yang akan menanggung semua biaya ini.

Pahami untung rugi pembelian paket kredit mobil dengan asuransi

Membeli mobil dengan cara kredit menjadi pertimbangan tepat, jika Anda belum memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan ini. Pembelian ini akan disertai dengan penggunaan layanan asuransi kendaraan yang biasanya diurus oleh pihak diler. 

Pastikan Anda memahami dengan baik untung rugi pembelian paket kredit yang Anda lakukan, sehingga Anda tidak merasa dirugikan dalam urusan tersebut.