Jokowi Lepas Ekspor Perdana Mobil Isuzu Traga

Presiden Joko Widodo di Pabrik Isuzu.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVAnews.

VIVA – Presiden Joko Widodo melepas ekspor perdana produk Isuzu Traga di pabrik Isuzu Karawang Plant, Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Kamis 12 Desember 2019. Kegiatan ini ditegaskan sejalan dengan fokus kerja pemerintah. 

"Fokus kerja pemerintah sekarang ini adalah bagaimana mengurangi impor. Kedua, bagaimana meningkatkan ekspor. Kenapa saya datang karena ada ekspor perdana Isuzu Traga," ujar Jokowi, dalam sambutannya, Kamis 12 Desember 2019.

Filipina adalah negara tujuan pertama dari ekspor Isuzu Traga dengan total 6.000 unit hingga akhir tahun 2020. Ekspor itu berkontribusi pada devisa negara diestimasikan mencapai US$66 juta per tahun. 

Pada 3 tahun ke depan, Isuzu Indonesia berencana memperluas negara tujuan ekspor Isuzu Traga hingga lebih dari 20 negara, tidak hanya di Asia Tenggara, namun juga Timur Tengah, Amerika Latin, serta beberapa negara di Afrika. 

Expor Isuzu Traga sudah mendapatkan fasilitas pembebasan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Yaitu salah satu fasilitas menteri keuangan yang pelaksanaannya dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan.

Dengan menggunakan fasilitas ini, impor bahan baku yang diolah, dirakit, dipasang pada barang dan hasil produksinya akan diekspor tidak dipungut bea masuk dan PPn Impor. Kegiatan ekspor membutuhkan penambahan supplier hingga total supplier yang terlibat mencapai 119 perusahaan. 

Secara keseluruhan, ekspor akan memberikan tambahan penghasilan bagi para supplier hingga US$9 juta per tahun. Serta, penambahan omzet untuk perusahaan logistik dapat mencapai US$300 ribu per tahun.

Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia,  Jap Ernando Demily, mengatakan bahwa ekspor ini selain dalam rangka peningkatan kapasitas produksi, juga dalam rangka peningkatan kualitas produk Isuzu. 

"Agar memenuhi standar kualitas kelas dunia dan pada akhirnya menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi global kendaraan Isuzu di luar Jepang,” katanya. 

Pihak Isuzu Indonesia berjanji untuk terus berusaha memberikan kualitas, biaya serta penyampaian produk yang terbaik. Agar dapat menjadi basis produksi yang unggul di grup Isuzu dan dunia.

Pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Karawang ini adalah pindahan dari Pondok Ungu, Bekasi. Yang kemudian menempati kawasan Suryacipta City of Industry di Karawang. 

Pabrik Isuzu Karawang Plant memiliki luas lahan 30 hektare dengan kapasitas regular 52 ribu unit per tahun dan dapat dioptimalkan hingga menjadi 80 ribu unit per tahun.