Waspada Ranjau Paku Bertebaran di Jakarta Selatan

Mobil penyapu ranjau milik Dishub DKI
Sumber :
  • Instagram @dishubdkijakarta

VIVA – Salah satu hal yang membuat berkendara sepeda motor di Jakarta kurang aman, yakni adanya teror ranjau paku. Besi tajam berukuran kecil ini biasanya disebar oleh oknum tidak bertanggung jawab, dengan tujuan merusak ban kendaraan.

Tak jarang, paku yang digunakan sudah dimodifikasi terlebih dahulu agar bisa menimbulkan kerusakan yang lebih besar. Para pengendara motor yang terkena ranjau, mau tidak mau harus membawa kendaraan mereka ke tempat tambal ban yang seringnya berada tidak jauh dari lokasi.

Ada juga oknum yang sengaja menyamarkan paku dengan buah-buahan. Polda Metro Jaya pernah mengunggah imbauan pada para pengguna jalan, untuk berhati-hati apabila menemukan jeruk yang tercecer di jalan. Sebab, dalam jeruk itu berisi paku-paku.

Dinas Perhubungan DKI juga dibuat sibuk dengan adanya teror ranjau paku. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @dishubdkijakarta, Selasa 11 Agustus 2020, kemarin mereka menerima laporan adanya ranjau paku di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan.

Kasudin Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Budi Setiawan mengatakan, pencarian ranjau paku ini dilakukan mulai dari wilayah Semanggi hingga Cawang.

Baca Juga: Jangan Coba-coba Pakai Bensin Eceran Buat Mobil Tesla

“Anggota Sudin Perhubungan Jakarta Selatan melakukan pencarian ranjau paku, sebagai respons cepat dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat, yang resah akan adanya ranjau paku di sekitar jalan tersebut,” ujarnya.

Dalam video yang diunggah, tampak mobil pikap digunakan untuk membersihkan paku-paku yang bertebaran di jalan. Besi yang dipasangi magnet diletakkan di bagian belakang mobil, untuk menarik semua besi kecil yang ada di aspal.

https://www.instagram.com/p/CDtLkrWndaH/