Pemilik Ratusan Rolls-Royce Ini Habiskan Rp1,6 Miliar untuk Cukur

Sultan Brunei Darussalam. (FOTO: Reuters)
Sumber :
  • wartaekonomi

Setelah Raja Thailnd, Maha Vajiralongkorn, Sultan Brunei Darussalam menempati posisi kedua sebagai raja atau bangsawan terkaya.

Baca juga: Honda CR-V Baru Mengaspal, Pakai Fitur Canggih

Ia adalah Sultan Hassanal Bolkiah, yang menjadi pemimpin negara terlama kedua di dunia. Sultan Hassanal Bolkiah juga menjadi Perdana Menteri Brunei Darussalam, yang menjadikannya raja absolut bangsa.

Kekayaannya yang dikabarkan berasal dari bisnis ekspor minyak dan gas alam, disebutkan GQ India.com yang dikutip di Jakarta, Kamis (22/10/2020, perkiraan kekayaan bersihnya mencapai USD28 miliar (Rp411 triliun).

Sultan yang termasuk orang terkaya di dunia ini tinggal di istana tempat tinggal terbesar di dunia, yaitu Istana Nurul Iman yang memiliki lebih dari 1.778 kamar. Bersamaan dengan itu, Sultan juga dikabarkan memiliki lebih dari 600 Rolls Royce.

Konon, pendapatan Sultan Hassanal Bolkiah mencapai Rp1,5 juta per detik dari aset minyak. Dari kekayaannya tersebut, Sultan juga kerap hidup mewah.

Salah satunya dengan menghabiskan 19.000 poundsterling (Rp1,6 miliar) untuk menerbangkan penata rambut favoritnya ke Brunei melalui jet pribadi hanya untuk potong rambut.

Ia bahkan dikenal memiliki sepatu polo yang diterbangkan pakai helikopter. Sultan Hassanal Bolkiah telah naik takhta Brunei selama 52 tahun dan telah bergaul dengan banyak keluarga Kerajaan dari negara lain, termasuk Ratu dan Pangeran Phillip dari Inggris.