Kemudikan Bus Pakai Cara Unik, Sopir Ini Banjir Pujian

Bus berjalan mundur sejauh 3 kilometer.
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Bagi sebagian orang, mengemudi bus sama seperti menyetir mobil. Padahal, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena dimensinya jauh lebih besar sehingga memerlukan teknik yang berbeda.

Sang sopir harus mengetahui cara berbelok yang benar, tanpa membuat kemacetan lalu lintas. Mereka juga harus mengukur seberapa besar tenaga yang diperlukan mesin, dalam kondisi bus terisi penuh oleh penumpang.

Ketika sudah merasa nyaman dan terbiasa, tidak sedikit sopir bus menekuni profesi yang sama hingga puluhan tahun. Kemampuan mereka pun meningkat, seiring bertambahnya waktu yang dihabiskan dalam kendaraan tersebut.

Seperti sopir bus di India yang satu ini, Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Selasa 19 Januari 2021, ia tertangkap kamera sedang mengemudikan bus dengan cara yang tidak biasa.

Peristiwa yang terjadi di wilayah Maharashtra itu bermula, saat sang sopir yang tidak diketahui identitasnya mengalami masalah pada bus yang dikemudikan.

Gigi transmisi rusak, tidak bisa dipindahkan ke posisi satu atau dua. Akhirnya ia memutuskan untuk menggunakan gigi tiga, sehingga kendaraan meluncur cukup kencang.

Namun, tiba-tiba rem juga rusak. Khawatir bakal menimbulkan kecelakaan, sang sopir akhirnya berhasil menghentikan laju bus di sebuah ruas jalan yang jauh dari pemukiman.

Ia lantas memutar arah bus, dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan gigi mundur. Teknik ini memerlukan keterampilan tinggi, karena arah bus bakal jadi kebalikan dari putaran setir.

Ia berhasil menempuh jarak sejauh tiga kilometer dengan cara tersebut, dan tiba di bengkel terdekat yang langsung menangani kerusakan rem sebisa mungkin.