Jenis Kendaraan Ini yang Paling Banyak Digadaikan

Ilustrasi gadai kendaraan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Gadai adalah salah satu cara yang dianggap ampuh oleh sebagian orang, untuk mendapatkan dana tambahan ketika ada kebutuhan mendesak.

Agunan dengan jaminan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB, menjadi salah satu yang banyak dipilih, karena dana yang didapat bisa untuk membantu meningkatkan usaha atau sekadar membayar uang sekolah anak.

PT Pegadaian Persero mengaku, jumlah konsumen yang menggadaikan kendaraan mereka untuk keperluan usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM meningkat selama pandemi.

“Pencapaian kenaikan jumlah rekening untuk segmen ultra mikro, tumbuh sebesar 60 persen dibanding awal 2020,” ujar Sekretaris PT Pegadaian Persero, R Swasono Amoeng Widodo kepada VIVA Otomotif, dikutip Selasa 2 Februari 2021.

Sementara itu, pencairan dana untuk pinjaman skim fidusia berbasis konvensional dengan agunan BPKB mengalami penurunan. Penyebabnya adalah karena perusahaan melakukan seleksi yang lebih ketat, untuk memastikan konsumen mampu mengembalikan dana yang dipinjam.

“Pencairan kami lebih selektif kepada sektor yang tidak terdampak pandemi,” tuturnya.

Ketika ditanya mengenai jenis kendaraan bermotor yang paling banyak dijaminkan surat-suratnya selama pandemi, Swasono mengaku bahwa sepeda motor jauh lebih banyak ketimbang mobil.

“Selama pandemi ini, jumlah agunan BPKB motor jauh lebih besar dibanding jumlah agunan BPKB mobil. Jika dilihat porsinya, motor sekitar 70 persen, berbanding 30 persen dengan agunan BPKB mobil,” ungkapnya.

Untuk lamanya waktu peminjaman dana dengan agunan kendaraan pribadi, Swasono mengaku bahwa kebanyakan konsumen memilih durasi lebih dari satu tahun.

“Jika dilihat, rata-rata konsumen melakukan proses gadai dengan agunan BPKB selama 18 bulan,” jelasnya.