BBM Berkualitas Bisa Kurangi Tingkat Stres

Mengisi bensin di SPBU.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA – Kualitas udara menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta. Hal ini juga berdampak pada meningkatnya tingkat stres.

Bahkan sebuah perusahaan penyedia produk kesehatan yang berbasis di Jerman, memasukkan Jakarta ke dalam daftar 10 kota dengan tingkat stres tertinggi di dunia.

Salah satu faktor penyumbang kotornya udara di DKI, yakni penggunaan jenis bahan bakar yang kurang berkualitas. Padahal, produk yang lebih ramah lingkungan sudah lama tersedia.

Selain menghasilkan polusi yang banyak, pemakaian BBM dengan Research Octane Number atau RON rendah juga berdampak pada kesehatan mesin.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Petugas mengisi premium ke dalam sepeda motor di salah satu SPBU di Jakarta

"Secara otomatis (pemakaian BBM dengan RON rendah) akan mempengaruhi kualitas udara, akan menjadi kotor secara tak kasatmata," ujar pengamat otomotif, Anton Fiat di Jakarta, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 24 Juli 2021.

Anton menjelaskan, semakin tinggi angka oktan atau RON maka emisi yang dihasilkan bakal lebih rendah. Selain itu, efeknya performa mesin juga jadi meningkat.