Valentino Rossi Kini Dagang Sepeda Listrik Usai Pensiun dari MotoGP

Sepeda listrik VR46
Sumber :
  • Rideapart

VIVA – Valentino Rossi langsung terjun ke bisnis baru usai memutuskan pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021 ini. Pembalap asal Italia itu akan menjual sepeda listrik dengan merek VR46.

VR46 memang merupakan brand dari juara dunia 9 kali tersebut, seperti tim balap dan apparel. Dilansir dari Motopinas, Rabu 22 September 2021, kini Rossi mulai merambah ke sepeda.

Bukan sepeda biasa, melainkan sepeda listrik yang saat ini mulai tren. Sepeda listrik VR46 tersebut memiliki tipe sepeda gunung atau biasa yang dikenal dengan MTB atau Mountainbike.

Dalam mengembangkan sepeda e-MTB ini, Rossi bekerja sama dengan perusahaan MT Distribution. Nantinya, VR46 e-MTB ini akan hadir dalam dua pilihan yakni Premium dan Limited Edition.

CEO VR46, Carlo Alberto Tebaldi, mengungkapkan bila sepeda listrik memang perkembangan dari usai pembalap MotoGP tersebut. VR46 kini tak fokus kepada penjualan aksesoris motor dan pakaian saja.

"VR46 Racing Apparel telah memulai jalur evolusi untuk beberapa waktu. Kelahiran proyek baru ini memiliki tujuan untuk menciptakan produk yang berorientasi pada kinerja. Sudah lama kami ingin memperluas penawaran dan memasuki dunia bersepeda, terutama di sektor off-road," kata Carlo Alberto.

Bicara spesifikasi, untuk versi Limited Edition akan memakai serat karbon eksklusif pada frame dan gearbox nirkabel. Versi tersebut hanya akan dijual sebanyak 46 unit saja, dan akan ada sertifikatnya bertanda tangan Rossi.

Dua tipe dari sepeda listrik VR46 ini enggunakan roda belakang 27,5 inci dengan lebar velg 35 mm. Sementara pada roda depan memiliki diameter 29 inci dengan lebar velg 30 mm.

Ban yang digunakan adalah Pirelli Scorpion E khusus sepeda gunung. Agar lebih nyaman disematkan suspensi garpu 170mm pada fork dengan peredam kejut 205/67,55 mm.

Sedangkan baterai sepeda akan disematkan pada bawah rangka, hal ini untuk menurunkan pusat gravitasi serta meningkatkan rangka sepeda. Pengguna juga bisa mengubah geometri berdasarkan medan dilalui.

Itu tak lain karena adanya teknologi bernama Flip Chip dari Bosch. Sepeda VR46 ini rencananya akan diluncurkan pada ajang EICMA 2021 di Milan, Italia, yang berlangsung 23 November.