Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Kapan Samsat Mulai Ada di Indonesia? Ini Jawabannya

Minggu, 26 September 2021 | 10:49 WIB
Foto :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati
Ilustrasi Samsat untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

VIVA – Masyarakat Indonesia yang mengoperasikan kendaraan bermotor di jalan raya, sudah sangat mengenal nama Samsat. Setiap tahun mereka datang ke tempat tersebut, untuk mengurus dokumen mobil dan motor.

Samsat adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Pelayanan Satu Atap, di mana tempat ini menjadi lokasi untuk pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, serta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB.

Baca Juga

Semua proses terkait dua dokumen itu dilakukan di tempat tersebut, mulai dari perpanjangan masa berlaku hingga pengurusan kehilangan. Proses pemeriksaan nomor rangka dan mesin atau biasa disebut cek fisik, juga dilakukan di Samsat.

Awal mula hadirnya Samsat di Indonesia

Dilansir VIVA Otomotif dari laman NTMC Polri, Minggu 26 September 2021, kehadiran Samsat diawali dari sebuah gagasan yang dicetuskan oleh mantan Kapolri ke-7, almarhum Jenderal Purnawirawan Widodo Budidarmo pada 1976.

Sebelumnya, uji coba pelayanan satu atap untuk pengurusan dokumen kendaraan bermotor itu sudah digelar di DKI Jakarta pada 1972, dan setelah empat tahun menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan pendapatan daerah dan pelayanan kepada masyarakat.

Samsat akhirnya resmi berdiri melalui Surat Keputusan Bersama yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri keuangan serta Menteri Pertahanan dan Keamanan, pada 28 Desember 1976.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler