Mulai Banyak Orang Kredit Kendaraan Listrik

Adira Finance tawarkan kredit motor via aplikasi OVO
Sumber :
  • Dok: Adira Finance

VIVA Otomotif – Penjualan kendaraan bermotor pada tahun lalu menunjukkan peningkatan, baik mobil maupun sepeda motor. Hal itu berdampak positif, pada kinerja industri pendukungnya termasuk perusahaan pembiayaan.

Presiden Direktur PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, I Dewa Made Susila menyatakan pihaknya mencatat kenaikan pembiayaan baru sebesar Rp31,7 triliun pada tahun lalu, atau meningkat 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Capaian tersebut dipengaruhi kenaikan penjualan industri mobil baru sebesar 17 persen atau satu juta unit, serta pembelian motor baru oleh konsumen yang diketahui sebanyak 5,3 juta unit atau naik empat persen.

“Kenaikan ini menyebabkan pertumbuhan piutang sebesar 10 persen. Ini pertumbuhan yang pertama kali sejak 2020, karena 2020 kami turun, 2021 juga begitu,” ujarnya di Jakarta Selatan, Jumat 10 Februari 2023.

VIVA Otomotif: Acara Adira Finance

Photo :
  • Dok: Adira Finance

Berkat pertumbuhan piutang dan adanya kualitas aset yang baik, I Dewa Made Susila menuturkan bahwa perusahaan memperoleh profit bersih Rp1,6 triliun atau naik 32 persen dibandingkan tahun lalu.

Non-Performing Loans juga mengalami perbaikan menjadi 1,7 persen, dari 2,3 persen pada tahun lalu. Terima kasih atas kondisi ekonomi yang kondusif, orang sudah bekerja, mobilitas sudah bagus, angka komoditas naik,” tuturnya.

I Dewa Made Susila mengungkapkan, usai badai pandemi pihaknya juga sempat terkena imbas dari permasalahan lain yang terjadi di industri otomotif, yaitu kelangkaan komponen semikonduktor yang membuat inden jadi lama. 

“Gangguan ini baik motor dan mobil, disebabkan kelangkaan chip karena banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya faktor situasi geopolitik, disrupsi rantai pasok dan banyak hal lainnya,” ungkapnya.

Hal lain yang juga menyumbang pertumbuhan profit Adira Finance, kata I Dewa Made Susila yakni tingginya minat masyarakat untuk memiliki kendaraan listrik. Adira Finance telah mulai menyalurkan pembiayaan kendaraan ramah lingkungan itu, yang nilainya meningkat siginifikan di kuartal IV-2022 dibandingkan kuartal sebelumnya.

“Peningkatan ini didukung dengan meningkatnya pemahaman masyarakat akan pentingnya konsep green living, penambahan infrastruktur pengisian baterai kendaraan listrik oleh pemerintah serta munculnya beberapa produsen kendaraan listrik,” jelasnya.