Ada Kabar Gembira untuk Pemudik yang Lewat Jalan Tol

Gardu tol miring
Sumber :
  • Jasa Marga

Jakarta, Kamis 4 April 2024 – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024 di jalan tol, dengan meniadakan pengaturan masa kedaluwarsa e-toll.

"Pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini, Jasa Marga meniadakan batasan kadaluwarsa e-toll untuk kelancaran arus mudik dan balik. Pengguna jalan tidak perlu khawatir," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, dikutip VIVA Otomotif.

Sebelumnya, e-toll memiliki durasi perjalanan maksimum dua kali waktu tempuh normal di ruas jalan tol. Jika pengguna jalan melebihi batas waktu tersebut, e-toll akan kedaluwarsa dan ALB tidak terbuka saat di-tap di gardu keluar.

"Jika e-toll kedaluwarsa, petugas Jasa Marga akan membantu transaksi di reader Gardu Tol Otomatis (GTO). Saldo e-toll tidak akan terpotong melebihi tarif dan tidak ada denda. E-toll yang sama masih bisa digunakan di jalan tol atau transaksi lainnya," tuturnya..

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik pada H-4 Lebaran (6 April 2024) dengan 259 ribu kendaraan di empat gerbang tol utama, naik 66,8% dari normal. Puncak arus balik diprediksi pada H+5 (15 April 2024) dengan 300 ribu kendaraan di empat gerbang tol utama, naik 131% dari normal.

Jasa Marga memprediksi 1,86 juta kendaraan keluar Jabotabek pada H-7 sampai H2 Lebaran (3-11 April 2024), naik 54,13% dari normal dan 5,94% dari Lebaran 2023