Pengusaha Muda Pesan 5.000 Mobil Esemka

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung penuh mobil Esemka yang akan diluncurkan hari Sabtu, 10 November 2012, besok. Bahkan, HIPMI akan memesan 5.000 unit.

"Kami memang akan memesan lima ribu unit Esemka. Tetapi nanti kami sesuaikan dengan kapasitas produksi mobil itu," kata Ketua Umum HIPMI, Raja Sapta Oktohari kepada VIVAnews di Solo, Jumat 9 November 2012.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa jika nantinya mobil Esemka sudah siap, HIPMI akan langsung membeli. "Kami sangat mendukung produk mobil Esemka. Oleh sebab itu kami ingin membeli," katanya.

Raja mengakui bahwa pihaknya tetap konsisten dengan apa yang pernah diucapkan oleh para pengurus HIPMI sebelumnya. Bahwa mereka berkeinginan untuk membeli Esemka dalam jumlah yang besar mencapai lima ribu unit. "Apa yang sudah pernah kami katakan, akan kami lakukan," katanya.

Bahkan, HIPMI sudah pernah membentuk tim sendiri untuk ikut membantu mensukseskan mobil Esemka. "Tim ini akan kami hidupkan lagi, karena sejak Jokowi maju mencalonkan gubernur, tim ini berhenti. Sebab kami tidak ingin ikut campur dalam urusan politik," katanya.

Mobil Esemka dinyatakan telah laik jalan oleh Kementerian Perhubungan. Mobil ini juga telah memperoleh surat Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dari Kementerian Perindustrian. Kini, mobil Esemka tengah mengurus penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Setelah melakukan berbagai uji kelaikan, mobil Esemka akan diluncurkan secara resmi tanggal 10 November 2012 mendatang, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Harganya dipatok antara Rp100 juta hingga Rp150 juta.