Rincian Biaya Servis Toyota Rush Baru

Mobil All New Toyota Rush
Sumber :
  • VIVA/Hadi Suprapto

VIVA – Toyota resmi menghadirkan generasi terbaru dari Rush pada awal 2018. Tak lama usai peluncuran, peminat mobil jenis sport utility vehicle tersebut membeludak.

Meski Toyota sudah mengirim ribuan unit ke konsumen, namun saat ini proses pembelian mobil kembaran Daihatsu Terios itu masih berstatus inden.

Nah, bagi yang sudah melakukan pemesanan namun belum mendapat unitnya, bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengetahui biaya servisnya.

Delaer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, biaya servis Avanza dan Rush terbaru tidak jauh berbeda, karena mesinnya sama. Yang berbeda hanya komponen kaki-kaki saja, seperti kampas rem dan lain-lain.

“Kami masih berikan jasa servis gratis sampai 50 ribu kilometer, hanya membayar komponen saja. Untuk servis di 10-20 ribu kilometer, biayanya sama-sama Rp406 ribu, karena mengganti oli mesin dengan SAE 10W-40, seal oli mesin, saringan oli, dan balance timah,” ujarnya kepada VIVA di Jakarta, Kamis 7 Juni 2018.

Sementara, biaya servis di 30 ribu kilometer agak lebih mahal, yakni Rp487 ribu. Sebab, saringan penyejuk udara seharga Rp81 ribu juga harus diganti.

Yang paling banyak merogoh kocek itu ketika umur mobil sudah menginjak empat tahun atau 40 ribu kilometer, karena banyak komponen yang harus diganti.

“Banyak yang diganti di kelipatan 40 ribu kilometer, tapi masih gratis jasanya,” tuturnya.

Biaya servis di 40 ribu kilometer yakni Rp966 ribu. Prosesnya meliputi ganti oli mesin, seal oli mesin, saringan oli, saringan udara, minyak rem, balance timah, dan pelumas transmisi.