Cari Mobil Low SUV, Ini Daftar Terlarisnya

Toyota All New Rush 2018
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Tampilan sebuah kendaraan menjadi salah satu pertimbangan saat memilih mobil. Tak heran perubahan tampilan dan bentuk diberikan produsen otomotif untuk terus memikat hati konsumen.

Terdapat beberapa segmen mobil yang beredar di Indonesia. Salah satu jenis mobil yang menjadi pilihan masyarakat adalah low Sport Utility Vehicle. Mobil jenis ini memiliki tampilan gagah namun memiliki dimensi kompak dan harga relatif terjangkau untuk kalangan menengah. Low SUV yang dijual di Indonesia pun beragam merek dan modelnya.

Dengan beragamnya produk yang ditawarkan, mobil kategori low SUV pun berhasil mencatat penjualan wholesales (pabrik ke diler) sebanyak 9.193 unit pada Mei 2018.

Dari data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), ada tujuh produk mobil yang bersaing di kelas low SUV, yakni Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda HR-V, Honda BR-V, Suzuki SX-4, Mazda CX-3, dan Nissan Juke. Posisi teratas untuk penjualan mobil di segmen ini ditempati oleh Toyota Rush model terbarunya.

Meski mengalami penurunan penjualan, dari 2.926 unit dibulan April menjadi 2.832 unit pada Mei 2018, Toyota Rush berhasil duduk di urutan perrtama. Berada di urutan kedua, Honda HR-V berhasil menorehkan angka 2.728 unit pada Mei 2018. Angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan bulan April, yakni 3.926 unit

Posisi ketiga disegmen ini ditempati kembaran Rush, yakni Daihatsu Terios. Mengalami peningkatan penjualan,  mobil pabrikan Jepang ini berhasil terjual 2.659 unit di bulan Mei 2018 dan 2.548 unit pada April 2018.

Selanjutnya terdapat Honda BR-V  dengan penjualan 397 unit, Suzuki SX-4  337 unit, Mazda CX-3 di angka 116 unit dan Nissan Juke 2 unit sepanjang Mei 2018.