Inden Mobil Ini Hingga 3 Bulan, Padahal Bukan Buatan Toyota

Mobil All New Toyota Rush
Sumber :
  • VIVA/Hadi Suprapto

VIVA – Generasi terbaru sport utility vehicle Toyota Rush, resmi diluncurkan PT Toyota Astra Motor pada akhir 2017 lalu. Meski demikian, masyarakat yang hendak membeli mobil pabrikan Jepang tersebut masih harus bersabar.

Sebab, untuk mendapatkan unitnya butuh waktu tunggu hingga tiga bulan. Hal itu diungkapkan langsung oleh Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto di Singapura.

"Rush masih inden, kira-kira ada yang sampai Desember, tapi bervariasi," kata pria yang akrab disapa Soerjo tersebut, Jumat 14 September 2018.

Sumatra dan Bali merupakan wilayah yang harus rela menunggu hingga akhir tahun ini. Faktor utama terjadinya inden, diakui Soerjo tidak terlepas dari banyaknya pemesanan mobil berpenampilan gagah itu.

"Satu sampai dua bulan (inden) secara nasional. Untuk Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) itu sekitar 9.000 unit. Produksi 4-5 ribu sebulan," ujarnya.

Saat disinggung rencana menaikkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan, Soerjo mengaku hal itu diserahkan kepada PT Astra Daihatsu Motor sebagai produsen.

"Kemarin sempat tujuh ribu unit (per bulan) selama beberapa bulan, tergantung produksi bisa kasih berapa. Mungkin kami minta tujuh ribu, tapi produksi kadang hanya bisa kasih lima ribu. Karena, mereka ada pembagian Toyota dan Daihatsu, serta untuk lokal dan ekspor. Jadi, enggak bisa seenaknya,” tuturnya. (ren)