Jangan Biarkan Mobil Hybrid Kehabisan Bensin

Indikator sistem hybrid Toyota Alphard
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Untuk perawatan mobil hybrid seperti Toyota Camry atau Alphard, secara keseluruhan biayanya sama dengan versi non hybrid. Yang jadi pembeda, hanya selang pendingin baterai hybrid perlu dibersihkan setiap kelipatan 10 ribu kilometer.

Jika selang tidak dibersihkan, maka baterai penggerak motor listriknya akan rusak. Oleh sebab itu, selang pendingin baterai hybrid wajib dibershikan saat servis berkala. Seperti yang disampaikan Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. 

“Biasanya, yang bermasalah baterai hybrid, yang fungsinya menggerakkan motor listrik. Kerusakannya itu disebabkan karena tidak pernah dibersihkan selang pendinginya,” ujarnya kepada VIVA, Jumat 26 Oktober 2018.

Sambung dia, fungsi selang tersebut untuk mendinginkan baterai, karena di dalamnya ada kipas. Jika pipa atau selang itu tersumbat kotoran, maka baterai jadi cepat panas, sama seperti smartphone.

“Baterai menjadi panas, dapat menyebabkan daya tampungnya berkurang. Sama seperti ponsel, kalau panas cepat drop baterainya. Biaya kalau sampai ganti baterai lumayan, Rp50 jutaan,” tuturnya.  

Maka dari itu, dia selalu menyarankan kepada konsumen Camry dan Alphard Hybrid agar selalu membersihkan pipa dan filter selang.

“Cara penggunaan sehari-hari, yang penting bensin jangan sampai habis. Kalau habis, mesin enggak bisa mengisi baterai, dan itu jadi salah satu faktor yang membuat baterai hybrid cepat rusak,” katanya.