Tahun Depan Pemerintah Uji Coba Biodiesel B30

Biodiesel
Sumber :
  • citizenact.com

VIVA – Pemerintah saat ini tengah menimbang-nimbang bakal melakukan pengujian penggunaan biodiesel B30 yang sesuai emisi Euro 4 tahun depan.

Menurut Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, tahap diskusi hingga kini masih terus dilakukan lantaran waktu implementasi beleid Euro 4 pada mesin diesel sudah dekat.

“Masih belum diputuskan, dalam waktu dekat, 2019, kami akan melakukan (uji), sementara 2021 sudah mulai Euro4. Jadi ada pemikiran kenapa tidak sekalian saja, nanti daripada tes lagi di waktu berbeda,” ujar Putu di acara Forwot, Jakarta Selatan, Selasa 27 November 2018.

Sampai saat ini, kata Putu, pemerintah masih menunggu seperti apa sistem pengujiannya. Termasuk apakah evaluasinya masih menggunakan model lama atau ada sejumlah perbaikan.

Sebenarnya persiapan ke arah sana dianggap sudah berjalan 80-90 persen, artinya tinggal sedikit lagi untuk menjadikan bahan bakar B30 berstandar Euro4. “Kami juga harus dengarkan berbagai pihak, kalau Desember agendanya padat, kami akan mulai Januari,” katanya.

Seperti diketahui sejumlah produsen sudah siap memproduksi kendaraan berstandar Euro 4. Tetapi saat ini yang bisa dipenuhi hanya untuk jenis kendaraan berbahan bakar bensin. Sementara diesel Euro 4, baru bisa diproduksi 2021 mendatang.

Langkah uji coba sendiri dilakukan dalam rangka percepatan penggunaan B30 pada kendaraan darat dan transportasi.