Mimpi Pengguna: Avanza Xenia Baru Lebih Kokoh dan Canggih

Rendering Toyota Avanza terbaru.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sudah lebih dari satu tahun Xpander mengaspal di Indonesia. Respons pasar terhadap mobil keluarga rancangan Mitsubishi itu sangat tinggi.

Pada 2018, Xpander beberapa kali menumbangkan kejayaan mobil andalan Toyota di kelas low multi purpose vehicle, Avanza. Meski demikian, Avanza kembali memuncaki penjualan di Oktober dan November tahun ini.

Padahal, Avanza dan Xenia yang dibuat oleh PT Astra Daihatsu Motor belum mengalami perubahan total. Disebut-sebut, model baru akan muncul di awal 2019.

Kehadiran Avanza dan Xenia baru sudah ditunggu-tunggu oleh banyak pihak, termasuk para penggemarnya yang tergabung dalam komunitas mobil. Salah satunya Sarwan Edi dari komunitas Modifikasi Avanza Xenia Indonesia atau MAXI.

“Saya sudah lihat bocorannya di internet. Enggak sabar lihat yang aslinya,” ujarnya di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, Minggu 23 Desember 2018.

Meski belum melihat wujud aslinya, namun Sarwan mengaku senang apabila bentuk Avanza baru sesuai dengan rekaan yang beredar di media sosial.

“Harapannya lebih kokoh, gemuk. Kalau yang sekarang kan agak kurang ya. Kalau bisa, yang baru seperti Rush dan Terios, berubah total,” tuturnya.

Selain desain eksterior, Sarwan juga ingin agar mobil yang dijuluki sejuta umat itu bisa lebih canggih dan aman lagi.

“Ada sensor, jadi mesin bisa mati sendiri saat berhenti di lampu merah. Terus ada sensor buat mendeteksi saat akan terjadi tabrakan,” ungkapnya.