Desain Xpander vs Avanza Terbaru, Gagah Mana?

Rendering Toyota Avanza terbaru.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Wujud Avanza terbaru kini tengah ramai dibahas khalayak. Pangkalnya, meski belum secara resmi diluncurkan, namun wujudnya sudah bocor ke jagat maya.

Alhasil mobil yang punya populasi jutaan unit di Indonesia itu pun langsung mendapat perhatian ekstra masyarakat. Apalagi Avanza terbaru digadang-gadang datang dengan pembaruan berarti, menjegal sang kompetitor Mitsubishi Xpandcer.

Wajah Avanza terbaru sekilas memiliki tampang mirip Voxy. Tengok saja lampu utamanya yang terbagi dua, bertumpuk. Lampu bagian atas yang sipit berfungsi sebagai penerangan utama, dan diduga disematkan proyektor LED. Sementara lampu bagian bawah sebagai lampu sein dan lampu jauh.

Desain grill Avanza edisi anyar juga nampak lebih lebar ketimbang terdahulu, berbentuk trapesium terbalik. Bumper area bawah dekat cover lampu kabut tampil lebih futursistik dengan bentuk heksagonal. 

Namun sejak kemunculannya, banyak pihak yang mengkait-kaitkan tampang modern Avanza mirip dengan Mitsubishi Xpander.

Secara bentuk dan fungsinya padahal cukup berbeda. Misalnya desain lampu yang sipit pada bagian atas. Jika Avanza diperuntukan sebagai penerangan utama, sementara lampu sipit Xpander hanya menjadi pemanis atau DRL (day time running light). 

Mengingat lampu utama mobil keluarga berlogo Tiga Berlian tersebut bentuknya segi empat yang posisinya di bawah, mirip Nissan Juke dan menyatu dengan sein. Sementara desain lampu sein mobil dengan julukan sejuta umat itu posisinya lebih tinggi, dan terpisah dengan penerangan utama. 

Begitu pun lampu kabut, Mitsubishi memposisikannya di tengah bumper bawah. Sedangkan foglamp Avanza terbaru berada di sisi paling kiri dan kanan. Terlebih desain grill keduanya, secara bentuk jelas tidak sama.

Menurut Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, ?perubahan Avanza seperti sekarang ini diklaim sudah melalui riset yang matang.

"Kami melihat apapun bentuk dan perubahan model yang ada sudah dipertimbangkan. Kami punya 20 model termasuk komersial, Toyota bukan bermain dengan satu produk saja, tapi puluhan. Dan pasar mobil keluarga kelas Low MPV masih sangat menarik tahun ini semua maker merasakan itu," tuturnya kepada VIVA, Kamis, 3 Januari 2019.

Lantas, menurut Anda, lebih gagah mana desainnya, Xpander atau Avanza baru? (yns)