Siap-siap Jadi Tren, Buka Pintu Mobil Pakai Deteksi Wajah

Mobil pintu geser
Sumber :
  • http://www.tipsindonesia.com

VIVA – Seiring berkembangnya teknologi, sistem keamanan mobil kian membaik. Banyak gagasan revolusioner yang berhasil terwujud dalam beberapa tahun belakangan. Salah satu yang terbaru, perangkat Face ID garapan Apple.

Nantinya, perangkat yang dalam waktu dekat akan tersemat dalam mobil ini mempermudah pengendara membuka pintu mobil. Kunci hanya akan terbuka setelah sistem perangkat mengenali wajah sang pemilik mobil.

Seperti dikutip Thedrive, Rabu 13 Februari 2019, Apple mengungkap bahwa purwarupa Face ID yang segara meluncur belum sepenuhnya sempurna. Dengan kata lain, perangkat ini masih memerlukan bantuan perangkat lain, yaitu ponsel.

Melalui sumber yang sama juga dijelaskan, proses autentikasi atau pengenalan wajah harus dilakukan menggunakan ponsel yang selanjutnya akan dihubungkan langsung ke perangkat Face ID.

Namun, langkah hebat Apple tidak berhenti di situ. Hingga saat ini, Apple terus menyempurnakan teknologinya. Rencananya, Face ID bisa dioperasikan secara penuh di mobil tanpa perlu perangkat ponsel. Dan akan jadi tren tak lama lagi.

Lebih lanjut, Apple juga menyarankan pelaku industri otomotif untuk tidak hanya menggunakan Face ID sebagai pembuka kunci mobil, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai profil pengendara. Jadi, mobil dan pemiliknya tidak bisa dipisahkan karena terikat dalam satu sistem autentik.

Menarik menantikan kelanjutan kolaborasi antara industri teknologi dan otomotif ini, mengingat kedua hal tersebut sejatinya sulit dipisahkan. (yns)