Avanza Manual Paling Banyak Dipesan, Ini Penyebabnya

New Toyota Avanza 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Sebagai produsen mobil Toyota di Tanah Air, PT Toyota Astra Motor mengklaim, jumlah pemesanan Avanza dan Veloz baru saat ini mencapai 15 ribu unit. Mobil keluarga tersebut dirilis pada 15 Januari 2019.

Untuk penjualan dari pabrik ke diler, di awal tahun ini tercatat 5.568 unit. Masih ada ribuan unit yang harus dipenuhi Toyota, sesuai jumlah pemesanan yang ada. Dari angka itu, Avanza manual yang paling laris dipesan.

Seperti yang disampaikan Direktur Marketing TAM, Anton Jimmy. Dia mengatakan, Avanza transmisi manual tipe G bermesin 1.300cc paling banyak diminati. Sebab, pengguna Avanza bukan hanya di kota, tapi juga di daerah terpencil.

"Paling banyak tipe 1.3 G manual, kira-kira 62 persen (nasional). Di Jakarta, itu matiknya memang cukup tinggi, hampir 50 persen," ujarnya, Kamis 28 Februari 2019.

Ia menjelaskan, transmisi manual banyak dicari konsumen di Tanah Air, karena mayoritas Avanza dipakai sampai pelosok. Otomatis, struktur jalannya berbeda dengan perkotaan.

Bahkan menurutnya, transmisi matik tidak terlalu dibutuhkan di kota kecil. Sebab, jarang terjadi kemacetan dan jarak tempuhnya relatif tidak jauh.

"Kemudian, banyak digunakan oleh perusahaan dan penyewaan. Mereka lebih memilih yang manual," tuturnya.