Nissan-Mitsubishi Mesra, Bagaimana Nasib Datsun di Indonesia?

Datsun Cross di GIIAS 2018
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – PT Nissan Motor Indonesia saat ini tengah gencar memasarkan produk barunya, yakni Terra, Serena, serta all new Livina. Produk all new Livina merupakan produk pertama aliansi Nissan dengan Mitsubishi di Tanah Air.

Selain produk mobil Nissan, NMI diketahui juga bertanggungjawab sebagai perwakilan resmi merek Datsun. Lantas, bagaimana nasib merek Datsun di Indonesia di tengah sibuknya NMI?

Head of Datsun Indonesia, Masato Nakamura mengatakan, merek Datsun sama sekali tidak terpengaruh dengan ramainya perbincangan soal aliansi Nissan dengan Mitsubishi.

"Sebelumnya, saya ingin jelaskan bahwa merek Datsun itu merek global yang ada di bawah Nissan Motor. Jadi strategi dan segala macamnya sudah diatur," kata Nakamura.

Saat ini, kata Nakamura, Nissan memiliki aliansi besar, termasuk yang paling baru dengan merek Mitsubishi. Namun komitmen Nissan untuk mengembangkan Datsun terus dilakukan termasuk untuk penggemarnya di Indonesia.

Nakamura mengatakan, Datsun juga diberi kepercayaan untuk memproduksi mobil-mobil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ini menjadi komitmen bahwa Datsun akan tetap berada di pasar otomotif Tanah Air.

"Merek Datsun ini global tetapi dengan lokal produk. Kami punya komitmen untuk pasar Indonesia dan mendengarkan semua kebutuhan masyarakat akan kendaraan," kata Nakamura. (kwo)