Wuling Confero Baru Pakai Transmisi Semi Otomatis

Wuling Cortez dan Confero S baru
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Confero menjadi produk perdana Wuling di Indonesia. Saat pertama kali hadir, mobil keluarga tersebut hanya tersedia dalam varian transmisi manual.

Kini, pabrikan otomotif asal China itu menghadirkan versi semi otomatisnya, yang disebut Confero S ACT. Disebut semi, karena memang masih memerlukan pengemudi untuk memindahkan tuas transmisi. Namun, proses kopling sudah diserahkan ke perangkat elektronik.

Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan, Wuling Confero S ACT merupakan mobil dengan transmisi manual, namun dengan kemudahan pengoperasian seperti transmisi otomatis.

"Segmen low multi purpose vehicle, mobil manual masih lebih banyak. Jadi, kami mau kasih transmisi manual, tetapi dengan sesuatu yang baru," ujarnya di Sirkuit Sentul, Bogor, Senin 22 April 2019.

Penggunaan transmisi baru tersebut, kata Dian, menjadi yang pertama kalinya untuk mobil keluarga segmen bawah di Tanah Air. Pemilihan transmisi e-Clutch rancangan Schaeffler tersebut, sudah sesuai dengan riset dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Kalau seandainya langsung transmisi matik, kami di Indonesia belum ada pengembangan mesin dan transmisi. Jadi, semua masih dari pusat," tuturnya.

Dian menjelaskan, pengoperasian transmisi baru ini tidak berbeda dengan transmisi manual lainnya. Perbedaan utama hanyalah, kaki pengemudi tidak perlu menginjak pedal kopling saat melakukan perpindahan gigi. (kwo)