Sama-sama Pakai Turbo, Mesin Almaz dan Cortez Berbeda

Wuling Cortez mesin Turbo
Sumber :
  • Pius/VIVA

VIVA – Pilihan varian mobil Wuling kini semakin lengkap, dengan hadirnya Cortez CT. Mobil keluarga kelas menengah ini berbeda dibandingkan kompetitornya, lantaran mengusung mesin turbo yang dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis CVT.

Penggunaan mesin bensin dengan turbo, sebenarnya bukan yang pertama kali diterapkan pada Cortez. Sebelumnya, merek otomotif China tersebut juga melakukannya pada SUV Almaz.

"Kami mengembangkan mesin untuk Cortez CT, dengan basis yang sama pada produk Wuling Almaz," ujar Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko di Jakarta belum lama ini.

Dilansir dari laman resmi Wuling Motors Indonesia, Rabu 24 April 2019, diketahui mesin Almaz berkonfigurasi empat silinder segaris dengan kapasitas 1.451cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 daya kuda, serta torsi maksimumnya 250 Newton meter. Sama persis dengan Cortez.

Meski demikian, Danang mengatakan, jantung penggerak Almaz dan Cortez CT memiliki perbedaan di bagian pengaturan electronic control unit atau ECU. Perangkat tersebut diatur, mengikuti karakter masing-masing kendaraan.

"Perbedaan dari ECU mapping, kalau tenaga maksimal dan torsi maksimal itu sama. Namun, cara mencapai tenaga dan torsinya berbeda, menyesuaikan dengan beberapa parameter kendaraannya, seperti bobot, suspensi, dimensi bodi, ukuran ban,” tuturnya.