Alasan Mobil Presiden Tak Disebutkan Spesifikasi dan Harganya

Mobil kepresidenan dikawal Paspampres.
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA – Harga tidak pernah bohong. Pepatah itu tampaknya menjadikan Mercedes-Benz selalu menghadirkan produk terbaiknya. Bahkan Mercy mengklaim jika mobil buatannya menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan para presiden termasuk di Idonesia.

Ya, Presiden Joko Widodo saat ini juga menggunakan mobil Mercy sebagai kendaraannya. Namun sayangnya Mercy yang ditunggangi presiden Jokowi rupanya masih model yang lama alias jadul. Hal itu diungkapkan Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

“Kita sih menunggu saja, kalo ada pemesanan kita akan proses, tentunya kami akan menawarkan varian tertinggi Mercedes-benz S-Class dan Maybach,” kata Kariyanto.

Ia menambahkan pihaknya selalu update dengan produk baru termasuk yang menjadi pilihan para kepala negara. Namun memang masih banyak yang masih mempertahankan model lama. “Memang kami lihat kendaraan tersebut masih prima dan aman, dan kami harapkan jika presiden membeli mobil baru, presiden masih naik Mercedes-Benz,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa khusus untuk kendaraan presiden, memang Mercedes-Benz selalu punya kebijakan untuk didatangkan langsung dari Jerman dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan diminta tentunya.

“Kalau kendaraan presiden langsung dikirim dan dibuat dari jerman, karena ini menyangkut kerahasiaan spesifikasi dan lain sebagainya. Jadi kendaraan presiden ini tidak publikasikan spesifikasinya seperti apa, termasuk harganya,” katanya.

Kerahasiaan setiap kendaraan presiden ini memang diperlukan untuk memberikan rasa aman.

Laporan: Erza Putra