Tak Cuma Mobil Keluarga, Toyota Siap Bikin SUV Hybrid di Indonesia

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Toyota dan Daihatsu menjadi dua merek otomotif global yang memproduksi kendaraannya di Tanah Air. Jenis mobil yang diproduksi pun beragam, mulai dari multi purpose vehicle atau mobil keluarga, low cost green car atau LCGC, hingga sport utility vehicle atau SUV yang bertampang gagah.

Saat ini, mobil-mobil yang diproduksi lokal oleh Toyota dan Daihatsu masih mengandalkan mesin konvensional. Namun pada 2022, dua merek mobil Jepang tersebut akan memproduksi kendaraan canggih berteknologi hybrid di Indonesia.

Deputy CEO Toyota Corp. Susumu Matsuda mengungkapkan Toyota bersama Daihatsu akan memproduksi mobil hibrida di Indonesia pada 2022, jenisnya SUV dan multi purpose vehicle (MPV). 

“Kami menilai kedua jenis tersebut yang akan lebih diminati konsumen di Indonesia. Kami sedang mempersiapkan produksinya,” papar Matsuda dalam keterangan pers dari Kementerian Perindustrian, Selasa 4 Juni 2019.

Saat ini, mobil merek Toyota dan Daihatsu yang diproduksi lokal berasal dari dua pabrik berbeda, yakni oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). 

ADM mendapat tugas untuk membuat mobil compact hasil kolaborasi merek Toyota dan Daihatsu. Mobil yang diproduksi yakni, Avanza, Xenia, Rush, Terios, Agya, Ayla, Calya, dan Sigra. Sementara TMMIN bertanggungjawab untuk memproduksi mobil dari merek Toyota saja, yakni Innova, Fortuner, Yaris, Vios, dan Sienta. (ren)