Kecil-kecil Cabe Rawit, Mobil Ini Masuk Daftar Terlaris di Indonesia

All New Honda Brio
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Jika diperhatikan, mobil yang paling banyak berseliweran di Indonesia adalah mobil keluarga. Alasannya, model tersebut sesuai dengan kebutuhan mayoritas warga.

Selain merek, jenis yang ditawarkan juga sangat beragam. Mulai dari multi purpose vehicle atau MPV, hingga low cost green car (LCGC). Yang masuk dalam segmen mobil keluarga, adalah model yang mampu diisi oleh tujuh penumpang.

Namun uniknya, ada satu mobil mungil yang masuk dalam daftar tiga kendaraan terlaris di Indonesia. Model yang dimaksud, yakni All New Honda Brio, yang tersedia dalam varian LCGC (tipe Satya) dan city car atau mobil perkotaan (tipe RS).

Berdasarkan keterangan resmi dari PT Honda Prospect Motor, Rabu 17 Juli 2019, pada semester pertama tahun ini, angka penjualan mereka mencapai 59.087 unit. Dari jumlah itu, Brio Satya laku 23.338 unit, atau sekitar 39 persen dari keseluruhan penjualan Honda.

Sementara, Brio RS pada periode yang sama terjual sebanyak 6.543 unit. Hal itu menjadikannya sebagai penguasa pasar, dengan jumlah 57 persen dari seluruh penjualan city car di Tanah Air. Jika dijumlahkan, maka totalnya menjadi 29.881 unit. Pencapaian itu, membuat Brio menjadi mobil terlaris ke-3 di Indonesia.

Sepanjang Januari-Juni 2019, Mobilio yang menjadi andalan Honda di kelas Low MPV, laku 8.243 unit. Mobil terlaris mereka di urutan tiga, yakni HR-V 1.5L, dengan angka penjualan 7.396 unit.

Sebagai informasi, Brio Satya ditawarkan dalam tiga varian, dengan harga jual mulai dari Rp140 juta. Sedangkan, mobil perkotaan Brio RS cuma ada dua varian, dan varian termurahnya di angka Rp176 juta.