iPhone 11 Kalah Canggih dari Ban Mobil Ini

Ilustrasi mobil menerjang banjir
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA – Masyarakat dunia sedang dilanda demam iPhone 11. Produk besutan Apple itu juga akan hadir di Indonesia, tidak lama lagi.

Selain kamera canggih, smartphone itu juga mampu memainkan game berteknologi terbaru. Tak hanya itu, Apple juga sudah membekalinya dengan kemampuan internet generasi ke-4, atau biasa dikenal dengan istilah 4G.

Tapi, ternyata iPhone 11 kalah canggih dari ban mobil buatan Pirelli. Pabrikan ban asal Italia itu memperkenalkan Cyber Tyre, yakni karet bundar yang dibekali dengan teknologi internet generasi ke-5 atau 5G.

Dilansir dari Rushlane, Selasa 19 November 2019, Cyber Tyre dirancang dengan koneksi internet, agar dapat berkomunikasi dengan ban sesama jenis yang terpasang pada kendaraan lain.

Pirelli mencontohkan, Cyber Tyre yang terpasang di mobil A melewati genangan air cukup tinggi, sehingga daya cengkeramnya ke aspal berkurang. Informasi itu diteruskan ke mobil B yang juga memakai Cyber Tyre dan akan melintasi jalur yang sama.

Dengan adanya informasi itu, maka ban akan memerintahkan mesin untuk mengurangi pasokan bahan bakar. Alhasil, kecepatan mobil menjadi lebih pelan, sehingga perjalanan menjadi lebih aman.

Untuk membuat ban masa depan ini menjadi nyata, Pirelli bekerja sama dengan Audi, Ericsson dan Italdesign. Namun, tentu saja ban hanya bisa berfungsi jika jaringan 5G sudah tersedia luas.