Suzuki Datangkan hampir 500 Unit New Jimny ke Indonesia

Suzuki Jimny
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Kendaraan jenis multi purpose vehicle memang masih mendominasi pasar mobil baru di Indonesia. Namun, bukan berarti model lain tidak ada yang laku.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Senin 25 November 2019, mobil jenis sport utility vehicle mulai menunjukkan peningkatan penjualan.

Salah satu model yang banyak diburu konsumen, yakni Suzuki New Jimny. Meski desainnya kotak, namun hal itu tidak lantas membuat penggemarnya mengurungkan niat untuk membeli.

Sampak saat ini, produk legendaris itu  memang hanya diproduksi di fasilitas plant 2 Suzuki Kosai Plant di Jepang. Dalam satu bulan, pabrik tersebut bisa membuat 5.250 unit Jimny, dari berbagai warna dan tipe.

Jumlah produksi total Jimny itu akan dibagi-bagi, untuk pasar domestik Jepang, maupun ekspor ke berbagai negara di dunia, termasuk untuk Indonesia. Saat ini, Indonesia mendapat jatah hanya 50 unit setiap bulannya.

Jumlah yang sangat terbatas itu, oleh PT Suzuki Indomobil Sales, akan dibagi-bagi ke seluruh diler resmi di Tanah Air. Sehingga, untuk memiliki Jimny bukanlah hal mudah. Konsumen dari produsen otomotif berlogo 'S' itu harus menunggu sampai empat tahun.

Sejak dipasarkan perdana pada Mei 2019 di Indonesia, sudah ada 497 unit Jimny berbagai tipe yang didatangkan ke Tanah Air. Tipe paling banyak adalah New Jimny transmisi otomatis, yakni 290 unit. Disusul oleh tipe New Jimny AT yang dibalur dua warna atau two tone, sebanyak 147 unit.