Populer dari Era 90-an, Sudah Pada Tahu Belum Arti Nama Baleno?

PT Suzuki Indomobil Sales luncurkan Baleno Hatchback versi baru
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – PT Suzuki Indomobil Sales melengkapi jajaran produknya, dengan meluncurkan New Baleno Hatchback. Mobil tersebut memiliki tampilan baru, lebih sporty dan kekinian jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Jika menyebut nama Baleno, sebenarnya telah dikenal oleh masyarakat di penjuru Nusantara sejak era 1990-an. Saat itu, wujud Baleno bukanlah hatchback seperti sekarang. Versi lawas yang dipasarkan adalah sedan.

Direktur Pemasaran Kendaraan 4Roda PT Suzuki Indomobil Sales, Dony Saputra mengatakan, Baleno merupakan produk global yang dipasarkan oleh Suzuki ke berbagai negara di dunia. Namanya, bukan berasal dari Indonesia.

"Baleno itu namanya diambil dari bahasa Italia, artinya kilat. Pemasarannya ke seluruh dunia," ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu 22 Desember 2019.

Baca juga: Punya Wajah Baru, Suzuki Baleno Hatchback Naik Harga Rp3 Juta

Jika menlisik perjalanan produk ini, diketahui bahwa sedan Baleno pertama kali hadir di Indonesia tahun 1996. Popularitasnya bertahan kurang lebih 14 tahun di pasar otomotif Tanah Air, dan mengalami beberapa kali penyegaran.

Mobil-mobil Baleno yang wara-wiri di Indonesia antara lain sedan Baleno, Baleno Hatchback. Sekitar tahun 2002, ada Baleno Next-G yang merupakan generasi berikutnya dari sedan Baleno versi lawas.

Lalu ada Next-G facelift, yang disusul oleh Neo Baleno yang menjadi seri penutup versi sedan pada 2010. Namanya sempat menghilang dari daftar produk SIS. Pada 2017, APM Suzuki itu kembali meluncurkan model Baleno.

Dony mengatakan, kehadiran mobil versi hatchback itu sempat menuai kontroversi, khususnya di antara penggemar setia Baleno. Kini, Baleno Hatchback bisa diterima oleh konsumen mobil Suzuki.

Jika melihat data penjualan, kata dia, sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1996, hingga saat ini, Baleno telah dipasarkan lebih dari 51 ribu unit. 

"Kami optimistis New Baleno akan mendapat respons positif dari pelanggan karena menawarkan nilai terbaik di kelasnya," ucapnya.