Hal Sepele Bikin Daihatsu Jadi Merek Mobil Terlaris Kedua

Booth Daihatsu di GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Distribusi kendaraan bermotor pada 2019 tidak seperti yang diharapkan. Hingga November tahun lalu, angkanya baru mencapai 900 ribuan unit.

Padahal, tahun sebelumnya selama 12 bulan ada lebih dari satu juta unit yang dikirim dari pabrik ke diler. Meski demikian, PT Astra Daihatsu Motor tetap bisa mempertahankan posisi dua merek terlaris.

Agen pemegang merek mobil Daihatsu di Indonesia itu, sudah 10 kali menempati urutan dua, dan tahun lalu adalah yang ke-11. Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa bagi mereka.

Ada tiga model yang banyak berkontribusi bagi penjualan Daihatsu di Indonesia, yaitu Xenia, Gran Max dan Sigra. Ketiga model itu bergantian menempati porsi terbesar, di perusahaan asal Jepang tersebut. 

"Sejak Sigra diluncurkan pada 2017, maka dia langsung jadi kontributor utama kami. Gran Max yang nomor dua, dan Xenia yang nomor tiga," kata Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso di Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Hendrayadi menjelaskan, kunci sukses ADM supaya bisa bertahan di posisi dua adalah dengan memperluas wilayah penjualan dan pelayanan.

“Tetap membangun outlet, agar kami bisa memperluas coverage sales maupun layanan purna jual,” tuturnya.

Kemudian, harga juga menjadi strategi mereka. Hendrayadi mengungkapkan, sebagian besar pembeli Daihatsu memilih sistem kredit. Jadi, hal itu yang diperkuat oleh mereka.

“75 persen pola pembeliannya secara kredit. Yang paling penting adalah, kami bisa mengeluarkan paket-paket kredit yang pas, sesuai segmennya masing-masing. Kerja sama dengan leasing. Paket-paket kredit ini kelihatannya sepintas itu hal biasa, tapi itu kunci pentingnya. Itu sumber utama kami dalam penjualan,” tuturnya.