Rencana Nekat Daihatsu, Setahun Jualan Tanpa Model Baru

Booth Daihatsu di GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Produk baru menjadi salah satu strategi pemasaran, yang banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan. Hal ini berlaku untuk semua jenis bisnis, termasuk otomotif.

Namun, hal itu tidak akan diterapkan oleh PT Astra Daihatsu Motor untuk tahun ini. Produsen mobil Daihatsu itu melihat, lini produk mereka yang ada saat ini sudah cukup menarik konsumen.

“Tahun ini, Daihatsu tidak akan meluncurkan produk baru. Jadi, kami hanya mengandalkan model yang sudah ada saja,” ujar Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra di Jakarta, Kamis 9 Januari 2020.

Menurut wanita yang akrab disapa Amel itu, ADM percaya bahwa lini produk yang ada bisa memenuhi kebutuhan pasar nasional selama tahun ini.

Untuk bisa tetap bersaing dan mempertahankan posisi dua merek mobil terlaris di Indonesia, Amel mengaku ada beberapa strategi yang akan diterapkan.

“Misalnya, Daihatsu sudah ada di 33 dari 34 provinsi yang ada. Satu lagi di Maluku Utara. Terios Seven Wonders sudah pernah menjelajah ke sana, sebentar lagi akan ada Daihatsu di sana,” tuturnya.

Sebagai informasi, ada tiga model yang banyak berkontribusi bagi penjualan Daihatsu di Indonesia, yaitu Xenia, Gran Max dan Sigra. Ketiga model itu bergantian menempati porsi terbesar, di perusahaan asal Jepang tersebut. 

"Sejak Sigra diluncurkan pada 2017, maka dia langsung jadi kontributor utama kami. Gran Max yang nomor dua, dan Xenia yang nomor tiga," kata Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso.