Mobil Termahal Honda di Indonesia Muncul Versi Barunya

Honda Civic Type R edisi 2020
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Tiga tahun lalu, PT Honda Prospect Motor coba menawarkan produk yang berbeda. Mereka mendatangkan mobil yang identik dengan dunia balap, untuk dijual di Indonesia.

Mobil yang dimaksud adalah Civic Type R, kendaraan hatchback yang kerap jadi andalan pembalap muda saat adu cepat di sirkuit. Generasi lamanya sudah lama menjadi legenda, dan model terbarunya tidak mau kalah.

Honda sempat membawa mobil tersebut ke Sirkuit Nurburgring, untuk memecahkan rekor mengelilingi sirkuit bersejarah itu. Hasilnya, Type R sempat memegang rekor sebagai mobil dengan penggerak depan tercepat.

Saat diboyong ke Indonesia, mobil ini ditawarkan dengan harga yang tidak murah. Dengan banderol Rp1 miliar, Type R menjadi mobil termahal Honda di Tanah Air.

Kini, dilansir dari Paultan, Minggu 9 Februari 2020, Honda meluncurkan versi terbarunya. Namun, untuk saat ini mobil tersebut baru dipasarkan di Jepang dan Amerika Serikat.

Honda mengubah tampilan eksterior Civic paling kencang ini, terutama di bagian grille dan bumper. Tujuannya, mendapatkan aliran udara yang lebih maksimal, sehingga pendinginan menjadi lebih baik.

Apabila suhu mesin dapat dijaga, terutama mesin empat silinder 2.000cc dengan turbocharger seperti yang ada di balik kap mesin Type R, maka performanya di sirkuit menjadi lebih optimal. Semua itu didapatkan, tanpa mengubah tenaga dan torsi yang dihasilkan.

Honda juga mengganti pelapis setir dengan bahan Alcantara, memasang fitur Honda Sensing yang berisi berbagai macam peranti keselamatan, serta merancang suara interior sesuai dengan pilihan mode berkendara. Sayangnya, tidak disebutkan berapa banderolnya.