Adu Keren Mobil 4 Calon Pemimpin Ibu Kota Baru

Desain ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Nama calon pemimpin ibu kota baru Indonesia di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur sudah dalam daftar terbatas. Ada empat kandidat yang ada di tangan Presiden Jokowi, sebagai calon Ketua Badan Otorita Ibu Kota.

Pertama adalah Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro. Mantan Menteri Keuangan dan mantan Kepala Bappenas itu memiliki latar belakang seorang ekonom dari Universitas Indonesia.

Calon berikutnya adalah Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, mantan Gubernur DKI yang sempat dipenjara akibat kasus penistaan agama. Kini, ia menjabat sebagai Komisaris Pertamina.

Berikutnya adalah Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Ia sempat akan mendampingi Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, saat Pilkada Jatim beberapa waktu lalu. Terakhir, Tumiyana yang kini duduk di jajaran direksi PT Wijaya Karya.

Dari sisi keuangan, ada tiga yang nilainya tidak jauh berbeda, yakni Bambang Brodjonegoro, Ahok dan Azwar, yakni Rp13 miliar hingga Rp29 miliar. Sementara, Tumiyana menjadi yang paling kaya dengan total harta Rp88 miliar.

Berdasarkan penelusuran VIVA di laman Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin 2 Maret 2020, Tumiyana memiliki 61 tanah dan bangunan di Bekasi serta Bogor, Jawa Barat. Total nilainya Rp38 miliar.

Ahok memiliki 16 tanah dan bangunan di beberapa wilayah, dengan nilai total Rp16,7 miliar. Lalu, Azwar punya 11 tanah serta bangunan senilai Rp4,4 miliar. Bambang memiliki empat tanah dan bangunan yang nilainya Rp24,7 miliar.

Soal kendaraan, baik Ahok maupun Bambang tidak tercatat memiliki mobil atau motor pribadi. Azwar hanya punya Nissan X-Trail dan Toyota Alphard, yang total nilainya mencapai Rp350 juta. Sedangkan, Tumiyana memiliki tiga mobil, salah satunya BMW, yang jika nilainay dijumlahkan menjadi Rp800 juta.