Bukti Oli Merek Lokal Lebih Mengerti Kebutuhan Konsumen RI

Pelumas Fastron.
Sumber :
  • Dokumentasi Pertamina

VIVA – Pergantian pelumas atau oli pada mesin merupakan salah satu perawatan mobil yang harus rutin dilakukan setiap pemilik kendaraan. Menggunakan oli yang tepat pun penting untuk diperhatikan, untuk memastikan kinerja dan performa kendaraan Anda terjaga.

Banyak merek oli dengan merek-merek internasional yang beredar di pasaran. Namun, meski memiliki kualitas baik dan sudah terbukti performanya, apakah harganya cocok dengan kantong Anda?

Hal itu bisa jadi pertimbangan. Apalagi jika ada merek oli lokal produksi dalam negeri yang lebih murah dan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek impor. Jenisnya pun lengkap, untuk memenuhi kebutuhan seluruh jenis mobil, bahkan untuk keperluan balapan. 

Irvan Ibrahim (35), seorang pegawai perusahaan swasta di Jakarta ini mengakui, harga menjadi salah satu pertimbangan saat memilih pelumas terbaik untuk mobil kesayangan. Namun, harus juga dipastikan oli tersebut memiliki kualitas yang baik, sehingga keawetan mesin dan performa mobilnya bisa tetap terjaga.

Karena itu, Irvan akhirnya memilih menggunakan oli Fastron Techno, produksi PT Pertamina Lubricants untuk melumasi mesin mobil Toyota Yaris lansiran 2012 yang selalu menemaninya mencari nafkah untuk keluarga. Oli dengan SAE 10-40 itu sudah digunakannya selama 3 tahun terakhir.

"Harga lebih terjangkau. Lebih enak dari oli sebelumnya, walaupun harga lebih murah," ujar Irvan ketika berbincang dengan VIVA beberapa waktu lalu.

Bapak tiga anak ini mengatakan, sejak menggunakan oli ini pengeluaran untuk perawatan mesin mobil berkurang. Busi contohnya, kualitas Fastron yang baik membuat mesin lebih bersih,  dan busi pun tetap terjaga.

"3 tahun pakai Fastron busi masih awet sampai sekarang. Mekanik setiap ganti oli dan service bilang busi masih bagus," ujarnya.

Kemudian lanjutnya, kinerja mesin yang optimal membuat bahan bakar yang digunakan lebih efisien. Meskipun terkadang darah milenial yang dimiliki membuat mobilnya digeber dengan kecepatan tinggi.

"Mesin halus, bensin jadi irit dan busi awet juga. Akselerasi juga spontan," ungkapnya.

Fastron Techno sendiri diketahui merupakan pelumas mesin dengan kualitas premium dan memiliki tingkat mutu internasional API SN. Oli ini mengurangi keusan dan menjaga mesin tetap bersih sehingga performa nya dapat diandalkan.

Oli berbasis sintetik yang memiliki tingkat penguapan rendah ini, bisa diandalkan untuk pemakaian dalam masa yang lebih panjang. Gesekanya yang rendah agar mesin tidak kasar, serta memiliki teknologi pengolahan gas buang yang baik, membuat mesin mobil yang menggunakannya jadi lebih irit.

Lalu yang lebih penting lagi, Public Relations PT Pertamina Lubricants Intania Prionggo menjelaskan, Fastron telah memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Sehingga penggunaannya sudah sesuai dengan kondisi jalanan di Tanah Air.

"Fastron sudah didesain sangat sesuai dengan kondisi jalanan Indonesia, diantaranya adalah faktor kemacetan, temperatur udara, curah hujan dan kelembaban udara, karakter pengemudi dan lain sebagainya yang dapat menurunkan umur pakai dari pelumas kualitas yang biasa," ujar Intania kepada VIVA.

Fastron lanjutnya, sudah memenuhi berbagai macam sertifikasi baik dari produsen-produsen mesin, maupun lembaga independen internasional. Karena itu sangat aman digunakan untuk segara merek mobil yang beredar di Tanah Air.

Lebih lanjut Intania menjabarkan, saat ini ada enam varian Fastron yang beredar di pasaran sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Yaitu Fastron Platinum Racing, Fastron Platinum, Fastron Gold, Fastron Techno, Fastron Diesel, Fastron Ecogreen.

Dia pun mengatakan, jaringan pemasaran Fastron pun telah ada di seluruh Indonesia. Baik di bengkel-bengkel umum maupun bengkel milik Pertamina, seperti Olimart dan SPBU Pertamina.

"Saat ini sudah 190 Olimart se Indonesia," ungkapnya.

Bukti lain Pertamina Lubricants menjawab kebutuhan konsumen RI yaitu tercermin dari Produk Fastron Eco Green. Pelumas mesin khusus mobil Low Cost Green Car atau LCGC ini, dihadirkan untuk mengiringi moncernya penjualan mobil jenis tersebut beberapa tahun ini. 

Formulasi baru yang ada dalam Fastron Eco Green lebih unggul dalam mencegah terjadinya deposit sisa pembakaran di dalam mesin. Oli ini juga memiliki teknologi Nano Guard. 

Teknologi pelumas sintetis itu terbukti efektif melindungi mesin dan membersihkannya secara menyeluruh hingga celah tersempit pada mobil LCGC. Sehingga, dapat lebih irit, lancar, awet, bersih, dan bertenaga. 

“Fastron Eco Green telah disesuaikan dengan kebutuhan mobil LCGC terbaru. Bahkan, dapat digunakan untuk mesin mobil LCGC yang dilengkapi turbo (non-direct injection) guna mendukung pengurangan emisi gas buang," ujar Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Ageng Giriyono.