Pemilik Daihatsu Sigra Boleh Bangga, Ini Alasannya

New Daihatsu Sigra diuji jalan di Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Wabah virus Corona COVID-19 yang melanda China sejak akhir 2019, hingga kini masih terus berlangsung. Bahkan, penyakit mematikan tersebut sudah menyebar hingga daratan Asia Tenggara dan Eropa.

Akibat dari mudahnya proses penularan, banyak industri yang terkena dampaknya. Tak hanya produksi, penjualan produk otomotif juga menurun drastis.

Meski demikian, dampak yang signifikan tidak dirasakan oleh PT Astra Daihatsu Motor. Agen pemegang merek tersebut bahkan bisa menjual puluhan ribu unit mobil, selama dua bulan pertama di 2020.

Pada Januari 2020, jumlah kendaraan Daihatsu yang dikirim dari diler ke konsumen di Indonesia mencapai 14.582 unit. Sementara, yang diangkut dari pabrik ke diler sebanyak 14.173 unit.

Bulan berikutnya, angka distribusi dari diler ke konsumen menurun, tapi hanya 6,34 persen. Model yang paling laris masih dipegang oleh low cost green car Sigra, yang selama dua bulan laku sebanyak 8.312 unit. Sudah berbulan-bulan, mobil ini menempati puncak penjualan Daihatsu di Tanah Air.

Urutan mobil Daihatsu terlaris berikutnya diisi oleh Gran Max pikap dengan 5.71 unit, dan Terios 4.346 unit. Xenia menempati posisi selanjutnya, dengan 3.404 unit, diikuti Ayla 3.302 unit dan Gran Max minibus 2.364 unit. Model lainnya, seperti Luxio dan Sirion, selama dua bulan di tahun ini terjual ke konsumen sebanyak 751 unit.

“Kami optimis dengan kondisi yang lebih baik ke depannya, dengan tetap mewaspadai perkembangan kondisi ekonomi, dan merebaknya wabah COVID-19 yang terjadi secara global, termasuk Indonesia,” ujar Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 12 Maret 2020.