Bikin Bangga, Oli Merek dalam Negeri Ini Beken di Kancah Internasional

Pertamina Fastron
Sumber :

VIVA – Industri otomotif nasional semakin menancapkan taringnya di pasar global saat ini. Produk-produk asli Indonesia pun makin populer di dunia.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah produk pelumas asli Indonesia yang diproduksi PT Pertamina Lubricants, Fastron. Oli berteknologi tinggi ini pun kini sudah beredar di banyak negara, dan menjadi andalan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

"Fastron sudah hadir di lebih dari 17 negera di dunia saat ini," ujar Public Relations PT Pertamina Lubricants Intania Prionggo ketika berbincang dengan VIVA beberapa waktu lalu.

Intan mengungkapkan, keandalan Fastron juga dibuktikan di sejumlah kejuaraan balapan internasional. Mobil balap yang menggunakan pelumas Fastron pun tak jarang berhasil memperoleh kemenangan di kejuaraan balap GT.

"Pertamina Fastron juga sudah berkontribusi terhadap keberhasilan-keberhasilan dalam berbagai kejuaraan GT termasuk dua kemenangan di 24 Hours of Daytona, 2 kemenangan di 12 Hours of Sebring dan 3 kali kemenangan dalam Blancpain GT Series serta kejuaraan One-Make Lamborghini di Asia, Eropa dan Amerika Utara," tambahnya.

Untuk memperkuat eksistensinya di kancah internasional, Fastron kembali menjadi Technical Partner pabrikan supercar dunia, Automobili Lamborghini dalam ajang balap bergengsi GT3 dan Super Trofeo Championships di 2020 dan 2021. 

Melalui salah satu produk andalannya yaitu Fastron Platinum Racing, Pertamina Lubricants percaya diri akan semakin mengharumkan produk tanah air di pasar dunia, dengan berhasil di kejuaraan balap tersebut. 

Optimisme tersebut semakin besar mengingat, Fastron Platinum Racing merupakan produk pelumas hasil pengembangan bersama, yang khusus diformulasikan untuk meningkatkan kinerja mesin V10 dari mobil balap salah satunya Lamborghini Huracan.

"Pelumas Pertamina Fastron khususnya varian Fastron Platinum Racing 10W-60 akan digunakan di GT3 dan ST Vehicles untuk Lamborghini Squadra Corse," tambahnya. 

Eksisnya Fastron di kancah internasional juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Hal tersebut juga membuktikan performa produk Fastron tidak hanya maksimal digunakan di dalam negeri, karena telah mengantongi Standard Nasional Indonesia (SNI). Tapi, juga sesuai dengan segala kondisi yang menjadi kebutuhan konsumen di luar negeri. 

Kebanggan tersebut pun disampaikan oleh pembalap nasional Rifat Sungkar dan Drifter Akbar Rais. Performa Fastron terbukti membuat kinerja mobil-mobil keluaran Lamborghini bisa bekerja maksimal melibas salju saat acara Pertamina Fastron Witer Driving Experience bersama Lamborghini di Livigno, Italia awal tahun ini. 

Pengalaman tersebut pun diunggah Rifat Sungkar di akun Youtube resminya @rifato. Dia pun merasa bangga akan eksistensi Fastron yang dipercaya oleh Lamborghini, merekan mobil sport ternama di dunia. 

"Ada ini (Fastron) itu gimana ya. Nyampe juga (di Itali)," ujar Rifat sambil menunjukkan stiker Pertamina Fastron di salah satu Lamborghini yang ada di acara tersebut. 

Akbar Rais saat berbincang dengan Rifat pun mengungkapkan kebanggannya akan Fastron. Eksistensi Fastron di dunia terbukti bukan kaleng-kaleng. "Bangga gw sebagai orang Indonesia, Fastron luar biasa ya," ungkapnya.  

"Yoi-yoi, luar biasa ya," saut Rifat. 

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Ageng Giriyono sebelumnya mengungkapkan, kolaborasi Pertamina Lubricants dan Lamborghini merupakan bagian dari visi pihaknya untuk menjadi perusahaan pelumas kelas dunia. Kerja Sama ini pun jadi bagian dari misi perusahaan untuk terus memperkuat positioning pada kancah bisnis global.

"Serta untuk menjaga keyakinan para pelanggan bahwa Pertamina Lubricants senantiasa berkomitmen untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi,” ungkapnya.  

Sementara itu Head of Automobili Lamborghini Motorsport Giorgio Sanna mengatakan, berlanjutnya kerja sama dengan Pertamina Lubricants merupakan bukti komitmen kedua pihak untuk berkontribusi terhadap dunia balap GT. Sehingga pada akhirnya bisa memberi keuntungan yang maksimal kepada kedua pihak. 

Sebagai informasi, Fastron Platinum Racing 10W-60 Pelumas mobil balap dan menggunakan bahan dasar full synthetic Plyaphaolefin atau yang lebih dikenal dengan PAO. Pelumas ini dikembangkan Pertamina Lubricants bersama Lamborghini. 

Fastron Platinum Racing juga telah memenuhi tingkatan mutu API SN dan ACEA A3/B4-12 dengan kekentalan ganda yang stabil. Sehingga dapat memberikan akselerasi dan perlindungan optimal terhadap mesin pada saat start-up dan operasi pada temperatur tinggi serta menghasilkan power yang maksimum.