Pabrik Mobil Listrik di China Jadi Produsen Masker Terbesar di Dunia

Mobil listrik BYD E6
Sumber :
  • Insideevs

VIVA – Pabrikan pembuat mobil listrik di China, BYD, kini mengubah kegiatannya menjadi produksi masker untuk mencegah mewabahnya Virus Corona. Pabrik tersebut pun jadi pabrik masker terbesar di dunia. 

Selain masker, pabrik baterai mobil listrik ini pun juga memproduksi desinfektan. Ratusan ribu botol desinfektan kini diproduksi setiap harinya. 

"BYD telah memproduksi masker wajah secara massal terbesar di dunia. Pabrik itu sekarang beroperasi dengan kapasitas penuh dan mampu menghasilkan 5 juta masker dan 300 ribu desinfektan per hari," tulis keterangan resmi perusahaan dilansir dari Business Insider, Senin 16 Maret 2020. 

Ketika Virus Corona COVID-19 menyebar ke seluruh China pada Januari lalu, BYD mengatakan, telah mengumpulkan lebih dari 3.000 insinyur dan karyawan lain untuk mendesain ulang jalur produksinya. Sehingga dapat membuat peralatan pelindung dan memenuhi lonjakan permintaan global.

Baca juga: 10 Merek Mobil Paling Bernilai Tinggi di 2020

Tim tersebut meneliti, merancang, dan membangun mesin yang mampu membuat masker wajah dan desinfektan. Kemudian, kurang dari dua minggu kemudian, pabrik itu pun beroperasi pada pada 8 Februari.

Pabrikan China yang dimodali oleh Warren Buffet dan Samsung Electronics tersebut berbasis di Shenzhen. BYD pun terus meningkatkan kapasitas produksi maskernya sejak mulai produksi hingga kini mampu mencapai 300-500 ribu masker per hari.