Toyota Bikin Mobil Sport 86 Edisi Hitam, Gak Sampe 100 Unit di Bumi

Toyota AE86 Black Limited yang hanya diproduksi sebanyak 86 unit.
Sumber :
  • Motor1

VIVA – Tak hanya menawarkan mobil versi standar, Toyota juga kerap memiliki lini produk untuk penggemar kecepatan. Salah satu model yang ada di jajarannya adalah AE86. Nama AE86 dikenal sebagai kendaraan dalam film Initial D.

Versi baru Toyota AE86 sudah diperkenalkan, kepada penggemar mobil sport di berbagai negara sejak beberapa tahun lalu. Kini, produsen otomotif Jepang itu akan meluncurkan mobil sport AE86 edisi spesial, bernama Black Limited.

Melansir dari Motor1, Selasa 17 Maret 2020, mobil sport AE86 yang diproduksi dalam jumlah terbatas itu, bakal dirancang mengikuti jejak versi lawasnya, yakni dilabur warna serba Hitam di bagian eksterior maupun interiornya.

Versi konsep Toyota AE86 Black Limited sudah diperlihat di perhelatan Tokyo Auto Salon 2020 di Jepang. Mobil ini disebut kurang mendapat perhatian pengunjung, lantaran kalah pamor dengan mobil Toyota Yaris versi Gazoo Racing.

Baca juga: Dampak Corona, Warga Surabaya Jadi Repot Mau 'Jajan' Mobil Baru

Kini, Toyota memutuskan untuk mewujudkan AE86 Black Limited. Mobil baru ini hanya akan dibuat sebanyak 86 unit, dengan pilihan transmisi manual maupun otomatis. Sementara jantung penggeraknya, masih menggunakan mesin yang sama dengan versi standar.

Dari bagian eksterior, terlihat mobil sport ini dibaluri cat warna hitam mengkilap. Terlihat peleknya menggunakan model palang 10 dengan cat warna emas. Penahan laju sudah menggunakan rem Brembo dengan komponen warna merah.

Bagian dalamnya dibungkus menggunakan warna serba hitam dengan kombinasi bahan suede dan kulit. Untuk memperkuat kesan sporty, jahitannya dibuat menggunakan warna putih. Di sisi kiri dasbor, terdapat tulisan 'Black Limited' berwarna emas sebagai penguat identitas.

 AE86 versi hitam yang dibuat terbatas itu, akan dibanderol 3,518 juta yen atau setara dengan Rp501,7 juta untuk versi manual. Sementara yang menggunakan transmisi otomatis 3,568 juta yen atau sekitar Rp508,6 juta.