Begini Jadinya Jika Honda Beat Dipasangi Mesin Hayabusa

Honda Beat memakai mesin Suzuki Hayabusa
Sumber :
  • AWR Racing

VIVA – Orang Indonesia mengenal Honda Beat, sebagai sepeda motor jenis skuter matik yang ukurannya kecil dan praktis untuk digunakan. Namun, nama Beat sebelumnya pernah dipakai oleh Honda, sebagai salah satu model mobil mereka.

Beat dalam wujud mobil, pertama kali diperkenalkan pada 1991. Kendaraan ini disebut-sebut, sebagai mobil terakhir yang desainnya disetujui oleh Soichiro Honda. Mobil tersebut dirancang oleh rumah desain asal Italia, Pininfarina.

Lahir sebagai Kei Car, Beat otomatis mengusung mesin berkapasitas 660cc. Namun, di tangan rumah modifikasi AWR Racing, mobil tersebut kini memiliki tenaga yang lebih besar.

Mesin lama Beat hanya bisa memproduksi tenaga 63 daya kuda. Agar bisa melaju lebih kencang, pemilik mobil mendatangkan mesin sepeda motor tercepat di dunia, yakni Suzuki Hayabusa.

Motor yang di banyak negara harus dibatasi kemampuannya itu, memiliki spesifikasi empat silinder 1.340cc. Karena sudah mendapat beberapa ubahan, maka tenaga yang dihasilkan saat ini menjdi 194 daya kuda.

Dengan ubahan tersebut, suara yang dihasilkan knalpot kini jauh lebih sangar. Mirip dengan mobil-mobil yang biasa digunakan untuk ajang balap.

Sebagai informasi, memasang mesin sepeda motor pada kendaraan bermotor roda empat bukan hal yang baru. Para penggila modifikasi kerap melakukan ini, agar terlihat berbeda dengan yang lain.