Pakai Tesla, Polisi Bisa Ngacir 0-100 Km Per Jam dalam 5 Detik

Mobil Patroli polisi pakai Tesla.
Sumber :
  • Repro Video.

VIVA – Kepolisian RI tampaknya terus meningkatkan kualitas mobil patroli yang digunakan guna memaksimalkan tugasnya. Penampakan mobil baru berbalut livery Polisi Jalan Raya (PJR) pun beredar di dunia maya. 

Armada patroli PJR berkelir biru dan putih yang bertuliskan highway patrol tersebut bukan mobil biasa. Sebab, mobil baru tersebut tidak menggunakan mesin konvensional, melainkan mesin listrik. 

Mobil listrik yang diketahui adalah Tesla Model 3, diduga akan melakukan uji coba untuk nantinya akan digunakan berpatroli di jalan tol. 

Meski belum secara resmi diumumkan, pemilihan Tesla untuk mobil patroli pun mendapat respons positif dari masyarakat. Karena artinya polisi sejalan dengan kebijakan pemerintah yang kini sedang menggenjot penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. 

Baca juga: Ritual Baru Karyawan Suzuki Indonesia Tangkal Virus Corona

Pendapat itu disampaikan netizen di akun Instagram @indra_fatan, dalam kolom komentar di postingan videonya yang menunjukkan mobil patroli tersebut. Di video tersebut, tampak mobil towing sedang mengangkut Tesla model 3 yang berbalut livery PJR. 

Saat dikonfirmasi, Presiden Direktur Rudy Salim Prestige Image Motorcars sebagai importir Tesla, masih enggan untuk mengomentari beredarnya foto dan video tersebut.

“Saya belum bisa komen dulu,” kata Rudy dikutip dari 100KPJ, Rabu 18 Maret 2020. 

Telepas dari benar atau tidaknya Polisi RI akan pakai Tesla untuk armada patroli, mobil listrik produksi perusahaan Elon Musk ini pun diketahui sudah dipakai Kepolisian di sejumlah negara seperti AS dan Uni Emirat Arab sebagai mobil patroli. 

Rudi pun menjelaskan, Tesla Model 3 hadir dengan tiga varian di Indonesia, yaitu Standar Range, Long Range dan Performance. Untuk Standar Range jarak tempuhnya dalam keadaan baterai penuh 409 kilometer, sementara untuk varian Long Range bisa mencapai 560 km. 

Mengenai kecepatan, versi standarnya bisa mencapai 0-100 km per jam dalam waktu sekitar 5 detik. Sementara, versi terkencangnya bisa lebih cepat dari itu. 

“Performance jaraknya memang lebih rendah (dari Long Range) tapi jangkauan 0-100 km per-jam lebih cepat sekitar 3,4 detik. Model 3 di Indonesia pilihan warnanya ada lima, hitam, putih, abu-abu, biru dan silver,” tuturnya.

Rudy mengatakan, ada juga dua pilihan pelek dengan desain dan warna berbeda, yakni sport wheel dan aero wheel. Soal harga jual, sangat ditentukan dengan selera konsumen.

“Harganya variatif tergantung tipe, warna, velg, interior option, dan opsi lainnya seperti auto pilot. Yang jelas di atas Rp1 miliar (Lebih murah dari Model S dan Model X harganya Rp2,7 miliar sampai Rp4 miliar),” sambungnya.