Penantang Fortuner Dibuka Selubungnya, Banyak Fitur Mewah

KIA Sorento edisi 2021
Sumber :
  • Dok: KIA

VIVA – Berbeda dengan zaman dulu, mobil yang masuk dalam segmen sport utility vehicle kini tak lagi sekadar memamerkan ketangguhan. Banyak model yang dibekali dengan peranti canggih, demi memberikan kepuasan pada penggunanya.

Contohnya, seperti yang dilakukan oleh KIA. Pabrikan asal Korea Selatan ini, baru saja membuka selubung SUV terbarunya, Sorento. Dari ukuran dan desainnya, mobil ini akan menjadi penantang baru Toyota Fortuner.

Dilansir dari Rushlane, Jumat 20 Maret 2020, Sorento generasi baru ini sedianya akan dipamerkan di Geneva Motor Show 2020. Tapi, merebaknya COVID-19 membuat pameran ditunda.

Desain depannya tidak jauh berbeda dari produk KIA pada umumnya, grille menggunakan konsep ‘Harimau’ yang menjadi ciri khas mereka. Lampu depannya sudah berteknologi light emitting diode atau LED, dengan sistem pencahayaan proyektor.

Masuk ke dalam kabin, tampak layar 12,3 inci disematkan sebagai panel instrumen. Informasi yang ditampilkan bisa diubah, sesuai kebutuhan pengemudi. Tata suaranya menggunakan 12 speaker Bose, jok dilapisi kulit Nappa dan tersedia beragam fitur keselamatan terkini.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4,8 meter. Jarak antar rodanya ditambah 35 milimeter, sehingga memberikan ruang yang lega bagi penumpang. Total tujuh orang bisa duduk dengan nyaman di dalamnya.

Mesin yang ditawarkan ada dua model, bensin dan diesel. Untuk diesel, kapasitasnya 2.200cc dan dapat menghasilkan tenaga 198 daya kuda serta torsi 440 Newton meter.

Sementara, mesin bensin dikombinasikan dengan dinamo listrik, sehingga menjadi kendaraan hibrida. Tenaganya 227 daya kuda dan torsi 350 Nm. Sayangnya, belum diketahui berapa banderol KIA Sorento baru ini.