Cara Unik Daihatsu Cegah Karyawannya Pulang Kampung

Daihatsu Ayla yang sudah terjual lebih dari 200 ribu unit
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Kebijakan social distancing atau menjaga jarak dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, wajib diterapkan oleh semua perusahaan. Termasuk, pabrikan otomotif PT Astra Daihatsu Motor.

Mereka memberlakukan sistem satu shift untuk karyawan mereka yang bekerja di pabrik. Waktu produksi juga dibuat lebih singkat dari biasanya. Dengan demikian, karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian.

“Kami berkomitmen memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan, di masa pandemi COVID-19,” ujar Corporate Planning and Communications Director ADM, Amelia Tjandra melalui teleconference, Senin 6 April 2020.

Wanita yang akrab disapa Amel itu menjelaskan, aturan bekerja satu kali dalam dua hari dipilih, atas dasar imbauan pemerintah terkait pencegahan virus ke daerah.

Kenapa Daihatsu memilih dua hari sekali, karena kami mengikuti anjuran pemerintah. Kalau dikasih libur di dua minggu, orang-orang itu pasti pulang kampung. Sementara, pemerintah mengusulkan jangan pulang kampung,” tuturnya.

Amel juga memastikan, meski diterapkan masuk kerja dua hari sekali, namun upah yang diberikan tetap penuh. Termasuk, tunjangan hari raya atau THR yang wajib diberikan perusahaan pada karyawan.

Tidak ada yang kami potong hak-hak mereka. Karena, pada dasarnya kami selalu memperkerjakan karyawan itu dan mengganggapnya sebagai aset,” ungkapnya.