Meluncur Secara Virtual, Seberapa Laris Mobil Toyota Agya Baru?

New Toyota Agya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Agya menjadi salah satu pelopor di segmen kendaraan low cost green car, atau masyarakat kerap menyebutnya sebagai LCGC. Sejak peluncuran perdana tahun 2013 hingga saat ini, PT Toyota Astra Motor sudah beberapa kali melakukan pada mobil tersebut.

Model paling baru dari mobil berperawakan mungil tersebut, diluncurkan pada 19 Maret 2020. Berbeda dengan biasanya, seremoni buka selubung New Agya 2020 dilakukan secara virtual, lantaran kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini.

Lantas, seberapa laris New Agya yang diluncurkan via teknologi digital tersebut? Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor, Dimas Aska mengatakan, adanya model baru memang cukup ampuh mendongkrak pemesanan Toyota Agya.

Jika melihat dari data SPK (Surat Pemesanan Kendaraan), kata Dimas, Toyota Agya itu mendapat pesanan sebanyak 1.814 unit pada Februari 2020. Sementara pemesanan unit Agya pada Maret 2020, berdasarkan data TAM mencapai 1.901 unit.

Baca juga: Gak Cuma Agya Baru, Toyota Bakal Luncurkan Empat Mobil Lagi Tahun Ini

"Enggak semua SPK new model, pasti ada campur (dengan model sebelumnya). Tetapi, dilihat dari unitnya kan beredar di awal bulan, berarti ada kenaikan karena model baru," ujarnya melalui konfrensi video, Rabu 8 April 2020.

Sampai saat ini, kata Dimas, suplai untuk Agya model 2020, masih berjalan normal. Meski demikian, pihaknya akan terus memantau perkembangan situasi pasar, dan permintaan dari diler-diler resmi. Sehingga, belum ada inden yang panjang untuk mendapatkan unit produk baru tersebut.

"Asumsinya di Maret suplai masih 2 ribuan unit, jadi untuk inden cuma sekitar satu bulan. Masih normal sih keadaannya untuk mobil baru," tuturnya.