Gelar Mobil Terbaik di Dunia 2020 Diborong Pabrikan Asia

All New Mazda3
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Anugerah Word Car Awards biasanya diumumkan setiap tahunnya di pagelaran New york International Auto Show. Namun tahun ini berbeda, peraih penghargaan itu pun diumumkan secara digital akhir pekan lalu.

Dilansir dari Gear Patrol, Senin 13 April 2020, tahun ini, pabrikan asal Asia menyerobot hampir semua kategori yang ada. Dari 4 kategori peraih penghargaan, 3 di antaranya dari Asia. 

Sebanyak 80 juri dari seluruh dunia memberikan penilaian terhadap peraih penghargaan tersebut. Hasilnya. World Car of The Year 2020 jatuh pada Sport Utility Vehicle (SUV) pabrikan merek mobil Korea Selatan Kia Telluride. 

Sementara itu untuk kategori Urban Car 2020, juga diserobot oleh Kia Soul EV. Kemudian Mezda 3 membawa pulang penghargaan World Design of The Year. Sedangkan, penghargaan The Best Luxury Car jatuh pada Porsche Tyacan. 

Baca juga: Bantu Tangani Corona, Porsche Lelang Mobil Sport Edisi Khusus

Seperti diketahui, para peraih pengharagaan dipilih melalui seleksi pemugutan suara rahasia oleh 86 juri di 27 negara bagian di Amerika Serikat. 

Karena beberapa mobil tidak tersedia di beberapa negara bagian, hanya 40 mobil baru tahun lalu yang dirakit khusus untuk diberi penilaian. Juri pun hanya dapat memberi penilaian kendaraan yang telah mereka uji.