Ford Bikin APD Pakai Bahan Airbag, Bisa Dicuci 50 Kali

APD buatan Ford.
Sumber :
  • Dokumentasi Ford.

VIVA – Raksasa otomotif Amerika Serikat Ford terus memproduksi alat perlindungan diri (APD) hingga masker dan ventilator, untuk tenaga medis agar aman menangani Virus Corona atau COVID-19. APD yang dibuat pun semakin canggih saat ini.

Yang terbaru, pabrikan mobil itu berinovasi membuat APD dengan bahan baku airbag yang biasa digunakan di mobil-mobil yang diproduksinya. APD tersebut bisa dibersihkan dan digunakan kembali, sehingga dapat lebih efisien dan mengurangi sampah peralatan medis saat ini.

Dilansir darii Digital Trends, Selasa 14 April 2020, Ford memproduksi APD tersebut bekerja sama dengan pemasok airbag-nya, Joyson Safty Systems (JSS). Sekitar 75 ribu APD bisa diproduksinya selama satu pekan ke depan. Jumlah itu pun akan terus ditingkatkan.

"Pada 4 Juli, pemasok Ford JSS akan memotong dan menjahit 1,3 juta APD, yang diuji sendiri dengan standar federal dan dapat dicuci hingga 50 kali," ujar Ford dalam keterangan resminya.

Saat ini Ford mengatakan, pihaknya telah mengirim sekitar 5.000 APD canggih tersebut ke sejumlah rumah sakit di kota Dearborn dan Farmington Hills, Michigan, AS. Pendistribusiannya dalam waktu dekat pun akan diperluas.

Baca juga: Pemerintah China Bagi-bagi Uang ke Rakyatnya yang Mau Beli Mobil Baru

Dalam upaya lain, Ford juga bekerja sama dengan 3M yang bermarkas di Minnesotta untuk memproduksi masker pemurni udara (PAPR). Upaya ini diharapkan bisa membantu tenaga medis di garda terdepan dalam melawan COVID-19.

Selain untuk tenaga medis. Ford menegaskan, para pegawainya juga akan dilengkapi dengan APD dan masker canggih ini saat berkerja. Sehingga risiko penyebaran Virus Corona bisa dicegah.