Merek China Siapkan Mobil Listrik, Tapi Bukan untuk Bawa Penumpang

Ilustrasi logo mobil DFSK
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Kendaraan listrik menjadi masa depan mode transportasi darat di Indonesia. Tak heran, jika produsen otomotif mulai memperlihatkan produk mobil yang menggunakan energi listrik, sebagai jantung penggerak utamanya.

Salah satunya adalah DFSK, yang sudah memperlihatkan Glory E3 dan GeloraE. Keduanya ditanami motor listrik sebagai penggerak utama. DFSK Glory E3 hadir di pameran GIIAS 2019, sementara Gelora E tampil perdana di GIICOMVEC, Maret 2020 di Jakarta.

Glory E3 merupakan mobil penumpang berjenis sport utility vehicle, sementara Gelora E lahir sebagai kendaraan komersial, baik untuk mengangkut barang maupun membawa penumpang dalam sekali perjalanannya.

Meski demikian, merek otomotif Tiongkok itu berencana menjadikan Gelora E sebagai produk mobil listrik perdananya di Tanah Air. Hal ini melihat kebutuhan kendaraan listrik untuk segmen komersial, yang belum dijajaki oleh merek lainnya.

Baca juga: Isi Bensin Mobil di Rumah, Jangan Asal-asalan

"Mobil listrik memang kami rencanakan untuk diluncurkan adalah Gelora E, kan sudah ada price range-nya. Tinggal menunggu tanggalnya dan harga jual fixed," ujar  Public Relation and Digital Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK), Arviane Dahniarny Bahar, Sabtu 18 April 2020.

Menurut perempuan yang akrab disapa Ane itu, produk SUV Glory E3 masih memerlukan penyesuaian untuk spesifikasi dan teknisnya. Sebab, mobil tersebut masih mengadopsi setir di sisi kiri. Berbeda dengan Gelora E yang posisi kemudinya ada di kanan.

"Sudah ready untuk mobil listrik memang Gelora. Kami melihat mobil ini di segmen komersial punya peluang bagus, makanya kami berusaha untuk menghadirkan versi listriknya (Gelora E)," ucap Ane.