Toyota Perlihatkan Wujud Yaris Versi 'Jangkung', Meluncur Akhir Tahun

Toyota Yaris versi Crossover tampil perdana
Sumber :
  • dok. global Toyota Newsroom

VIVA – Toyota akhirnya memperlihatkan mobil konsep Yaris terbarunya secara virtual. Meski demikian, kendaraan baru tersebut berbeda dengan produk-produk Yaris yang sudah dipasarkan di berbagai negara di dunia saat ini.

Produk  bernama Yaris Cross itu, tak lagi hadir sebagai hatchback. Mobil baru itu nantinya akan meramaikan segmen compact Sport Utility Vehicle (compact SUV) atau ada juga yang menyebutnya sebagai crossover.

Dalam rencana Toyota, mobil konsep Yaris Cross itu harussnya memulai debut di pameran otomotif Geneva Motor Show 2020 di Swiss. Meski demikian, pandemi virus COVID-19 yang terjadi saat ini, membuat acara tersebut dibatalkan.

Kini, merek otomotif Jepang itu secara resmi memperlihatkan wujud Yaris Cross. SUV kompak itu rencananya akan diluncurkan secara resmi menjelang akhir 2020 di Jepang. Sementara untuk pasar otomotif Eropa, seremoni buka selubung bakal dilakukan pada pertengahan tahun depan.

Baca juga: Mobil Range Rover 'Disulap' Jadi Limusin Anti Peluru, Harganya Wow

Melansir dari Global Toyota, Senin 27 April 2020, Yaris Cross diciptakan dengan tujuan, mengembangkan kendaraan SUV kompak perkotaan, namun memberikan kenikmatan berkendara yang sama, meski wujudnya berbeda dengan Yaris lainnya.

Seperti mobil-mobil baru Toyota, Yaris Cross dibangun menggunakan rangka TNGA (Toyota New Global Architecture) segmen B. Dari tampilan luarnya, terlihat desain sederhana dan tak meninggalkan kesan gagah kendaraan SUV.

Gambar yang dirilis memperlihatkan, interiornya mengkombinasikan warna hitam di dasbor dan dinding pintu, serta coklat pada bagian jok dan tengah dasbor. Jok dirancang untuk bisa menampung lima orang, dengan ruang kepala yang lebih luas dibandingkan versi hatchback.

Yaris Cross ditawarkan dalam dua tipe, yakni yang mengusung mesin konvensional dengan pilihan transmisi otomatis CVT maupun manual enam percepatan. Ada juga tipe hybrid, dengan mesin 1.500cc dan teknologi THS II sebagai jantungnya penggeraknya.

Mobil Yaris versi SUV ini rencananyakan akan diproduksi di Toyota Motor East Japan Co., Ltd untuk pemasaran di Negeri Sakura, dan di Toyota Motor Manufacturing France untuk nantinya dipasarkan di negara-negara Eropa.