Viral di Media Sosial, Akal-akalan Mudik Pakai Truk Towing

Mudik dengan memanfaatkan jasa truk towing.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Banyak kegiatan dan rutinitas yang berubah saat terjadi pandemi virus Corona tipe baru, salah satunya adalah mudik. Rutinitas ini, biasa dilakukan oleh masyarakat di berbagai wilayah Tanah Air menjelang hari raya Idul Fitri setiap tahunnya.

Status darurat COVID-19 yang diberlakukan di Indonesia, membuat Pemerintah melarang kegiatan mudik menjelang hari raya Lebaran tahun ini. Keputusan tersebut, dianggap sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang ditemukan di Wuhan, China.

Meski sudah dilengkapi petugas jaga di titik pemeriksaan jalur-jalur yang biasa dipakai untuk mudik. Namun, masyarakat seolah tak kehabisan akal  untuk bisa melanggar larangan mudik tersebut. Salah satunya dengan memanfaatkan jasa truk gendong atau towing.

Cara tersebut terekam kamera video dan beredar di media sosial Twitter dan Instagram. Rekaman gambar memperlihatkan mobil jenis minibus warna hijau, berada di bak belakang truk towing berwarna merah.

Baca juga: Biar Mobil Gak Dibobol Maling Saat Isi Bensin, Lakukan Ini

Mobil tersebut nampak ditutupi dengan terpal berwarna silver dan diikat pada beberapa bagian bodinya. Saat dilihat lebih teliti, terlihat sejumlah penumpang pria di kabin minibus yang diangkut oleh truk tersebut.

Akal-akalan mudik dengan truk gendong itu terungkap saat ada di titik pemeriksaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), di pos Batas Taman Unyil Ungaran, di Semarang, Jawa Tengah.

Video memperlihatkan truk tersebut beserta penumpang di dalamnya kemudian dipaksa untuk putar balik, usai dilakukan pemeriksaan oleh petugas keamanan yang berjaga.