Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Ilustrasi pembelian mobil
Sumber :
  • TAM

VIVA – Toyota merupakan salah satu produsen otomotif yang menawarkan beragam jenis mobil untuk masyarakat di Indonesia. Jajaran produknya, ditawarkan untuk masyarakat segmen bawah, menengah, hingga mereka yang mengingkan kendaraan mewah, serta segmen niaga.

Label harga yang dipasang pun beragam, dari ratusan juta sampai miliaran rupiah per unitnya. Dengan demikian, masyarakat memiliki pilihan yang sesuai dengan dana yang dimiliki saat berencana membeli mobil baru dari merek Jepang tersebut.

Bagi masyarakat yang berencana membeli mobil baru, PT Toyota Astra Motor sebagai perwakilan resminya di Tanah Air telah melakukan penyesuaian harga jual berbagai model kendaraannya, terhitung sejak Mei 2020.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, penyesuaian harga on the road untuk kendaraan baru sudah menjadi bagian direncanakan jauh sebelum adanya pandemi COVID-19, yang merebak di berbagai wilayah saat ini.

Baca juga: Nyetir Mobil Ditemani Anjing Peliharaan, Bikin Sopir Lebih Hati-hati

"Iya benar ada kenaikan harga. Memang sudah rencana dari jauh hari untuk adjusment price-nya. Pengaruhnya banyak, seperti pengaruh dari exchange rate, beragam biaya termasuk production cost, dan lain sebagainya," ucapnya saat dihubungi VIVA, Senin 11 Mei 2020.

Dari data TAM, kenaikan harga on the road mobil baru di Jakarta mulai dari bulan Mei 2020, terjadi untuk semua jenis kendaraan, mulai dari low cost green car (LCGC), mobil keluarga, SUV, sampai dengan produk sedan.

Penyesuaian harga Rp1 juta diberlakukan untuk produk LCGC bangku tiga baris Toyota Calya. Lalu untuk semua model Avanza naik harga Rp2 juta. Berikutnya, mobil Rush, Innova, dan Venturer terjadi peningkatan harga Rp2,5 juta.

Pembeli mobil Yaris harus menambah Rp3 juta untuk memiliki unit baru, sedangkan sedan Vios diganjar kenaikan harga Rp2,5 juta, Corolla Altis Rp4 juta, dan Camry terjadi perubahan harga sebesar Rp5 juta untuk pembelian di Mei 2020.

Sementara itu, mobil mewah seperti Alphard terdapat kenaikan Rp16 juta, serta penyesuaian yang paling besar berlaku untuk Land Cruiser Rp25 juta. Untuk kendaraan niaga Toyota Hi-Ace naik Rp5 juta, dan Dyna seluruh varian dikatrol Rp7 juta pada transaksi pembelian di Mei 2020.